People Innovation Excellence
 

Kalman filter- sebuah algoritma untuk mengkombinasikan berbagai macam data sensor

Kalman filter- sebuah algoritma untuk mengkombinasikan berbagai macam data sensor

By : Hanugra Aulia Sidharta, S.T., M.MT.

Anda memasuki sebuah terowongan, dengan panjang terowongan yang tidak anda ketahui. Ketika kendaraan anda memasuki terowongan GPS yang anda bawa tidak dapat bekerja, dikarenakan GPS tidak menerima informasi satelit yang mengorbit di bumi. Telepon seluler anda tidak dapat bekerja karena lemahnya penetrasi sinyal ke dalam terowongan. Masalah mulai muncul beberapa saat anda memasuki terowongan, bagaimana anda dapat melakukan navigasi di dalam terowongan? Bagaimana cara anda dapat menentukan posisi kendaraan secara akurat? Hingga berapa lama lagi anda harus berkendara hingga keluar dari terowongan?.

Salah satu pendekatan untuk menyelesaikan masalah tersebut dapat menggunakan kalman filter, dimana anda menemukan sebuah masalah dengan informasi yang tidak pasti dalam keadaaan dinamis, sehingga anda harus membuat tebakan mengenai keadaan sekitar. Walaupun tebakan anda seringkali tidak akurat dan berantakan, ditambah dengan keadaan yang dinamis dan sering kali berubah. Untuk membantu agar tebakan anda lebih akurat dan mulus maka anda dapat menggunakan algoritma kalman filter. Kalman filter mempunyai kemampuan untuk memprediksi apa yang akan terjadi, dan melakukan analisa korelasi antara berbagai macam data yang mungkin menurut anda tidak berhubungan.

Kalman filter ideal digunakan di dalam sistem yang berubah terus menerus dalam kondisi dinamis. Keunggulan dari kalman filter adalah penggunaan memori yang ringan, dikarenakan algoritma ini tidak memerlukan penyimpanan untuk data yang lampau. Sehingga penggunaan kalman filter ideal apabila digunakan untuk memecahkan masalah secara live di dalam embeded system.


Published at :
Written By
Hanugra Aulia Sidharta, S.T., M.MT.
Lecture Specialist | Computer Science
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close