Augmented Reality dan Virtual Reality, akan Mengubah Cara Anda Berbelanja

By : Fairuz Iqbal Maulana, S.T., M.T., M.Eng

Perkembangan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) menghadirkan peluang cara berbelanja yang lebih menarik. Teknologi ini membawa kita ke dunia virtual dan menambahkan informasi berharga atau citra luar biasa ke kehidupan nyata kita. Teknologi ini dapat memberikan dampak besar dalam berbelanja dan ritel.

Augmented Reality dan Virtual Reality lebih dari sekedar memberikan pengalaman untuk menarik pembeli ke Toko Perbelanjaan, tapi juga memiliki kemampuan untuk membuat cara anda berbelanja menjadi lebih mudah dan dan yang pasti lebih menyenangkan. Bayangkan, ketika anda berbelanja di sebuah Toko Perbelanjaan, anda dapat dengan mudah menemukan barang yang anda cari melalui animasi petunjuk AR dari smartphone anda. Diskon barang hingga informasi yang anda butuhkan tertera semua dalam smartphone anda. Agar diskon atau kupon promo lebih menarik, ditampilkan animasi kupon atau games sehingga membuat berbelanja menjadi lebih menyenangkan.

AR membawa elemen virtual ke dunia nyata, seperti aplikasi Pokémon Go yang membuat anda menemukan karakter Pokémon di rumah, di kantor, taman atau mungkin di tempat anda berada sekarang. Saat ini, mulai semakin banyak perusahaan yang menggunakan Virtual Reality (VR) atau Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan pengalaman online. Seperti IKEA yang telah menerapkan AR untuk digunakan ke dalam katalog digitalnya. Konsumen dapat melihat seperti apa perabot yang cocok akan terlihat di rumah. Dengan memanfaatkan teknologi AR atau VR, konsumen dapat merasakan tempat atau barang sebelum memutuskan untuk membelinya.