Dalam dunia desain, kata “Brand Identity” sering dikaitkan dengan logo atau “Nama Brand”, namun pada kasus-kasus tertentu logo atau nama brand menjadi tidak efisien untuk mendefinisikan sebuah brand dengan akurat dan cepat, salah satunya dalam bidang olahraga, terutama olahraga sepakbola. Di dalam sebuah lapangan pertandingan sepakbola terdapat 23 orang yang berkumpul dan beraktifitas di lapangan tersebut. Jumlah orang tersebut terdiri dari masing-masing 11 orang dari klub sepakbola, dan 1 orang wasit. Didalam aktifitas olahraga seperti sepakbola ini, atlet dan wasit membutuhkan metode yang cepat untuk mengidentifikasi identitas masing-masing atlet dengan cepat dan instan. Logo dan nama brand tidak dapat mengakomodasi kebutuhan ini, yang dapat dengan mudah membantu atlet untuk mengidentifikasi satu sama lain adalah dengan identitas warna pada kostum sepakbola masing-masing klub.

Seragam Awal Klub Sepakbola Profesional Pertama

Pada awal masa kemunculan klub sepakbola professional pertama, para atlet menggunakan pakaian apapun yang mereka miliki, dan untuk mengidentifikasi klub masing-masing, para pemain menggunakan aksesoris khusus yang disediakan, misalnya topi atau scarf. Namun metode ini dinilai masih kurang efektif dalam membedakan tim satu dengan yang lain, oleh karena itu pada tahun 1870 klub sepakbola mulai menggunakan seragam dengan warna yang berbeda untuk mengidentifikasi klub masing-masing. Pada kala itu ada 2 klub sepakbola pertama yang bertanding menggunakan seragam yaitu klub sepakbola Blackburn Rovers melawan klub sepakbola Reading. Blackburn Rovers menggunakan seragam putih dengan simbol salib “Blue Maltese Cross of Shrewsbury School”, sedangkan klub Reading menggunakan seragam berwarna Salmon Pink, Biru muda dan warna khas klub mendayung yang menjadi sponsor mereka.

Berabad-abad berlalu, kini sepakbola bukan hanya menjadi cabang olahraga paling favorit di seluruh dunia, namun juga menjadi sebuah industri dengan keuntungan triliunan dollar setiap tahunnya. Ribuan klub sepakbola juga bermunculan di seluruh dunia. Klub-klub sepakbola ini bersaing satu sama lain bukan hanya dalam prestasi sepakbolanya namun juga dalam meningkatkan brand equity klub sepakbola mereka lewat desain seragam mereka.

Identitas Seragam Klub Sepakbola

Warna menjadi salah satu identitas utama yang mencirikan satu klub dengan yang lain. Terdapat beberapa klub terkenal di dunia yang memiliki warna khas pada seragam mereka yang unik dan menjadi identitas mereka

  1. Merah – Hitam                      : AC Milan (Italia)
  2. Putih – Hitam                        : Juventus (Italia)
  3. Biru – Hitam                          : Inter Milan (Italia)
  4. Merah – Biru                         : Barcelona FC (Spanyol)
  5. Merah – Putih (Kotak-kotak)   : Timnas Kroasia
  6. Merah – Hijau                       : Timnas Portugal
  7. Biru Muda – Putih                 : Timnas Argentina
  8. Dst …

Warna menjadi identitas yang sangat melekat pada olahraga sepakbola. Sebagai bagian dari identitas mereka, team-team sepakbola menjaga agar setiap identitas klub sepakbola mereka memiliki identitas warna tersebut sehingga klub mereka bisa dibedakan dengan klub sepakbola lain dengan sangat mudah.

 

Sumber:

historicalkits.co.uk/Articles/History.htm; diakses tanggal 1 Desember 2018