Tipografi merupakan salah satu elemen penting dari desain grafis. Tipografi yang diaplikasikan dalam logo atau lebih dikenal dengan logotype merupakan salah satu kekuatan dari sebuah merek. Mengapa? tipografi merupakan identitas yang sudah melekat dalam sebuah brand atau merek.

Tentu sudah tak asing lagi dengan logotype brand minuman berkarbonasi asal Amerika Serikat ,CocaCola. Logo CocaCola menggunakan font script Spencerian yang pertama kali diciptakan oleh Frank M Robinson. Ciri khas yang nampak terlihat pada huruf ā€˜Cā€™ yang memiliki ekor. Tipografi tersebut merupakan kekuatan dari CocaCola, hingga saat ini font yang digunakan CocaCola masih bertahan sejak digunakan pertama kali pada 1886.

Meskipun logo dasar CocaCola yang tidak mengalami perubahan, bukan berarti perusahana tersebut bertahan dengan desain sejak abad ke-19. CocaCola melakukan perubahan dari desain kemasan yang berupa kaleng lebih simple dan praktis dengan tetap menampilkan logo dari font Spencerian.

Sumber:

Rob Carter, Philip B. Meggs, Ben Day, Sandra Maxa, Mark Sanders. (2014). Typographic Design: Form and Communication. 06. John Wiley & Sons, Inc. New Jersey. ISBN: 978-1-118-71576-5.