People Innovation Excellence
 

Hand Lettering sebagai Elemen Dekoratif

Pernahkan Anda mendengar istilah hand lettering? Istilah Hand lettering sempat trend beberapa tahun belakangan ini. Hand lettering merupakan seni menulis huruf dengan indah. Kalau dulu dikenal dengan istilah kaligrafi yang mengikuti aturan atau pakem-pakem kaligrafi yang berlaku, maka hand lettering lebih bersifat modern, free style sehingga para seniman bebas untuk menciptakan karya hand lettering sesuai dengan kreatifitas masing-masing.

Dalam menciptakan karya hand lettering tentu tidak terlepas dari penggunaan font decorative. Font decorative atau dikenal dengan font display merupakan font yang terlepas dari kaidah aturan font sebelumnya yang cenderung  kaku dan tradisional. Font decorative menentang bentuk font yang orthodox. Pada sekitar abad 19, para desainer menggunakan font decorative dalam karya poster yang diciptakan. Lalu bagaimana penggunaan nya pada masa kini? Font decorative atau display kerap diaplikasikan dalam seni lettering atau lebih dikenal dengan hand lettering, misalnya lettering quotes atau kata-kata mutiara yang dapat menjadi elemen dekorasi rumah ataupun cafe.  Sesuai dengan namanya, hand lettering menggunakan keterampilan tangan dalam menciptakan huruf-huruf yang artistik. Penggunaan mediapun tidak terbatas dengan menggunakan media kertas dan pensil saja, tetapi dapat menggunakan kuas, tinta, cat, kanvas, kayu, kaca hingga besi maupun tembaga.

http://leogomezstudio.com/blog/2016/10/7/love-food-central-chalk-lettering-menu

Seni lettering cukup menjamur di kalangan masyarakat dimana seni lettering mulai booming sekitar tahun 2015-an. Berawal dari bermunculannya instagram feed seniman hand lettering, banyak karya hand lettering yang kemudian diaplikasikan sebagai elemen dekoratif untuk hunian, cafe-cafe, sekolah-sekolah, dinding perkantoran maupun mural-mural di ruang publik.

Sumber:

Rob Carter, Philip B. Meggs, Ben Day, Sandra Maxa, Mark Sanders. (2014). Typographic Design: Form and Communication. 06. John Wiley & Sons, Inc. New Jersey. ISBN: 978-1-118-71576-5.


Published at : Updated
Written By
Yudhistya Ayu Kusumawati, S.Sn, M.Ds
Laboratory and Knowledge Center | BINUS Malang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close