People Innovation Excellence
 

KEWIRAUSAHAAN

Proses kewirausahaan dimulai dengan inovasi. Inovasi-inovasi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor baik itu faktor pribadi maupun faktor eksternal/lingkungan, seperti pendidikan, sosiologi, organisasi, budaya dan lingkungan. Faktor-faktor ini membentuk “locus of control/pusat kendali”, kreativitas, inovasi, implementasi, dan pertumbuhan yang kemudian berkembang menjadi pengusaha besar. Secara internal, inovasi dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berasal dari individu, seperti pusat kontrol, toleransi, nilai-nilai (value), pendidikan, dan pengalaman. Sedangkan faktor yang berasal dari lingkungan yang mempengaruhi meliputi model peran (role model), aktivitas, dan peluang. Oleh karena itu, inovasi berkembang menjadi kewirausahaan melalui proses yang dipengaruhi oleh lingkungan, organisasi, dan keluarga.

Ciri-ciri seorang wirausaha adalah: memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme. Selalu berusaha untuk mencapai, berorientasi pada keuntungan, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik dan memiliki inisiatif. Memiliki kemampuan mengambil risiko dan menyukai tantangan. Bertindak sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan menyukai saran dan kritik yang membangun. Memiliki inovasi dan kreativitas yang tinggi, fleksibel, serbaguna dan memiliki jaringan bisnis yang luas. Memiliki persepsi dan perspektif yang berorientasi masa depan. Punya keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras. Kemampuan dan kemauan untuk memulai bisnis (start-up). Kemampuan melakukan sesuatu yang baru (kreatif) Kemampuan dan kemampuan untuk mencari peluang Kemampuan dan keberanian untuk menanggung risiko (risk bearing) Kemampuan mengembangkan ide dan mengumpulkan sumber daya. Kemauan dan kemampuan ini diperlukan terutama untuk menghasilkan produk atau layanan baru serta memberikan nilai tambah baru dalam merintis lini bisnis baru.

Kewirausahaan memainkan peran dominan dalam menggerakkan perekonomian baik lokal, regional dan global. Pengusaha adalah dinamis dan berkomitmen untuk sukses, terbukti mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran. Pengusaha yang memiliki jiwa kepemimpinan dan jiwa wirausaha akan memimpin revolusi ekonomi menuju peningkatan standar hidup yang lebih layak. Untuk berpartisipasi aktif dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN, generasi muda perlu dilengkapi dengan nilai-nilai kewirausahaan, seperti: kreativitas, inovasi, berani mengambil risiko, antusiasme dan tidak pernah menyerah serta optimis dan bertanggung jawab, sehingga mereka dapat bersaing dalam persaingan yang ketat.


Published at : Updated
Written By
Nur Azmi Karim
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close