People Innovation Excellence
 

Jepang Sebagai Pelopor Budaya Pop Visual – 1

Berbicara tentang budaya visual populer, sama dengan berbicara tentang Jepang. Budaya Jepang telah menyebar tidak hanya di Asia tetapi di seluruh dunia dan mempengaruhi setiap aspek kehidupan manusia. Pelopor invasi budaya ini adalah produk manga (banyak yang telah dikembangkan menjadi anime karena tingkat popularitasnya yang tinggi). Oleh karena itu, budaya manga penting untuk dipelajari karena tidak hanya karena memainkan peran penting dalam budaya Jepang visual massa tetapi melalui media massa seperti cetak dan elektronik, itu membentuk imajinasi, pemikiran, dan perasaan orang di seluruh dunia. (Mark Macwilliams, 5)

Hingga saat ini, manga telah diekspor ke banyak negara dan masing-masing memiliki edisi terjemahannya sendiri. Bahkan beberapa komoditas menampilkan karakter kartun Jepang yang menarik perhatian, menyebabkan konsumen untuk membeli bahkan jika mereka tidak membutuhkan hal-hal seperti aksesoris hello kitty berbau, doraemon, sailormoon, pokemon, dan sebagainya. Tidak hanya dalam bentuk barang, tetapi layanan dan promosi juga memanfaatkan karakter manga sehingga banyak anak muda yang tergila-gila dengan budaya Jepang. Invasi budaya manga ini benar-benar mengubah citra Jepang dan menggantikan persepsi buruk tentang negara matahari terbit ini sejak perang dunia kedua.

Saking populernya budaya manga, banyak sekali pemuda-pemudi yang berkumpul membentuk sebuah club sehingga membentuk identitas dan sebuah budaya baru. Penggemar-penggemar setia manga disebut sebagai otaku, dan sebagian besar dari mereka mempunyai keinginan untuk mempelajari bahasa, mengunjungi, bahkan hidup dan bekerja di Jepang.

Sumber : http://refractory.unimelb.edu.au/2006/12/04/america-vs-japan-the-influence-of-american-comics-on-manga-ludovic-graillat/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close