Pernahkah ketika anda sedang berselancar di dunia maya melalui Facebook atau Instagram, lalu diantara posting-an kerabat atau artis yang anda ikuti muncul sebuah iklan yang terasa sangat tepat dengan kondisi anda? Hal ini terjadi karena melalui platform media Digital, seorang pemasar dapat menentukan siapa target audience yang diinginkan untuk melihat iklan atau produk pemasar tersebut. Bisa jadi anda adalah potensial buyer dari produk tersebut dilihat dari profil anda seperti Jenis kelamin, usia, atau lokasi tempat tinggal anda sesuai dengan demografi target customer produk tersebut. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Facebook memiliki layanan Facebook Ads yaitu layanan iklan yang bisa menentukan siapa saja target audience yang diinginkan oleh pemasar. Kemudian iklan tersebut akan disisipkan diantara News Feed Facebook dan Instagram anda.

Atau pernahkah anda dengan sengaja mengikuti akun Instagram atau Facebook Fans Page dari sebuah Brand/Merek atau sebuah online shop? Jika anda pernah melakukan hal tersebut, maka Brand atau online shop tersebut berhasil membuat media pemasaran yang sangat minim biaya bahkan bisa dibilang gratis. Praktis, melalui Sosial media seorang pemasar tanpa mengeluarkan banyak biaya pemasran dapat memberikan penawaran-penawaran kepada orang-orang yang memang tertarik kepada produk atau merek tersebut. Bandingkan jika seorang pemasar melakukan aktivitas sebar brosur hanya untuk memberikan informasi mengenai diskon harga, Berapa banyak biaya yang dikeluarkan hanya untuk mencetak brosur yang ujung-ujungnya langsung dibuang setelah 4 atau 5 langkah dari lokasi pembagian brosur, Efektifkah??

Sumber: APJII (2017)

Kemudian kita merujuk pada judul artikel ini, “KENAPA HARUS MEDSOS?” kenapa tidak menggunakan website berbayar saja yang lebih tepercaya? Berdasarkan survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2017, layanan internet yang paling sering diakses nomor 2 adalah Media Sosial maka jika anda adalah seorang pemasar dan ingin iklan atau produk anda lebih sering dilihat oleh calon pelanggan, Media Sosial lah tempat yang paling tepat dan murah. Perilaku generasi milenial yang sangat tergantung dengan Media Sosial (dari bangun pagi sampai malam menjelang tidur) juga merupakan alasan kenapa pemasar harus memanfaatkan Media Sosial sebagai ujung tombak aktivitas pemasarannya.

 

 

 

 

Salam Marketing

Yoseph Benny Kusuma, S.M.,M.SM.