People Innovation Excellence
 

PELUANG INDUSTRI KOMUNIKASI DI ERA DISRUPSI

Oleh: Galuh Ayu Savitri, S.I.Kom., M.I.Kom

 

Disrupsi. Merupakan kata yang populer digunakan belakangan ini. Disrupsi sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia didefinisikan sebagai hal tercabut dari akarnya. Jika diartikan dalam kehidupan sehari-hari, disrupsi dapat dipahami sebagai perubahan yang fundamental atau mendasar. Seperti dikemukakan oleh Koran Sindo (2018) satu diantara yang menyebabkan terjadinya perubahan mendasar adalah evolusi teknologi. Digitalisasi adalah akibat dari evolusi teknologi (terutama informasi) yang mengubah hampir semua tatanan kehidupan, termasuk tatanan berusaha/berbisnis.

Industri komunikasi salah satunya yang juga mendapatkan dampak dari adanya disrupsi, sebagai contoh yaitu mulai berkembangnya industri konten digital pada media sosial atau platform seperti Youtube, atau dalam industri media yaitu dengan adanya kehadiran The Huffington Post dan Buzzfeed yang awalnya disebut sebagai ‘hanya’ news aggregator, tetapi kemudian menghasilkan konten sendiri yang banyak dibaca oleh pengguna media (Haryanto, 2017). Keberadaan media sosial dan berbagai media online/platform menjadi suatu keuntungan dalam keterbukaan dan kecepatan penyampaian informasi sehingga informasi juga akan semakin banyak diciptakan. Dengan demikian industri-industri yang begerak di bidang komunikasi akan mendapatkan peluang yang lebih besar.

Seperti yang disampaikan oleh Ahmad Ramli, Direktur Jenderal Penyelenggaan Pos dan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika bahwa pada tahun 2020 disinyalir akan penuh dengan disrupsi digital, dimana semua sektor akan terdisrupsi secara digital. Ia juga menyampaikan industri yang akan berkembang dan sangat menjanjikan adalah industri konten (Kominfo, 2017). Perusahan-perusahaan kini terus mencari ide-ide kreatif untuk dapat menjual produk atau jasa mereka, khususnya untuk menjangkau generasi milenial, maka sangat penting bagi perusahaan menbangun konten yang dekat dan merangkul mereka dan bagaimana menyampaikan konten tersebut kepada mereka.

Peluang tersebut tidak hanya dipandang sampai sini saja karena kedepannya semua aspek bisnis akan lebih terintegrasi dan melibatkan peran pemasaran, kehumasan, periklanan, media, media sosial dan sebagainya, sehingga setiap perusahaan akan memastikan aspek komunikasi mereka bekerja secara efektif, dan disinilah peran industri komunikasi menjadi penting bagi semua aspek bisnis.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close