Dari artikel sebelumnya yang berjudul “Perbedaan Bisnis Keluarga dengan Non Bisnis Keluarga” kita sudah mengetahui bahwa terdapat 2 faktor utama untuk mengetahui apakah sebuah bisnis merupakan Bisnis Keluarga atau Non Bisnis Keluarga, yaitu bagian kepemilikan anggota keluarga atas sebuah bisnis dan tingkat keterlibatan anggota keluarga dalam manajemen bisnis tersebut. Lalu pertanyaan yang mungkin muncul adalah “Mana yang lebih baik, Bisnis Keluarga atau Non Bisnis Keluarga?”, saya akan mencoba menjelaskan Peluang dan Tantangan dari Bisnis Keluarga.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan peluang dan tantangan bisnis keluarga dan non bisnis keluarga berdasarkan tingkat keterlibatan terhadap Manajemen, sebuah bisnis yang dikelola oleh 100% anggota keluarga akan memiliki beberapa keuntungan salah satunya adalah kepemimpinan yang efektif karena struktur organisasinya menganut sistem silsilah keluarga yaitu anggota keluarga yang lebih tua akan menjadi pemimpin dalam tim manajemen. Namun ada kelemahan dari peluang ini, karena menganut system silsilah keluarga maka pimpinan manajemen dari perusahaan keluarga ini dipilih bukan karena keahliannya namun karena posisinya dalam silsilah keluarga sehingga menimbulkan gap keahlian yang dibutuhkan perusahaan tersebut. Keuntungan lainnya adalah bisnis keluarga akan lebih mudah menjaga tacit knowledge dalam perusahaan tersebut.

Lalu bagaimana dengan Perusahaan yang dikelola oleh 100% non keluarga? Karena tidak terbelenggu oleh pemilihan Top Management berdasarkan system silsilah keluarga, maka perusahaan akan memiliki manajer dengan keahlian yang superior. Selain itu perusahaan akan memiliki keleluasaan dalam memilih manajer-manajer yang sesuai dengan keahliannya dan kebutuhan dari perusahaan tersebut. Namun hal ini juga memiliki tantangan tersendiri, jika bisnis keluarga dikelola sepenuhnya bukan oleh anggota keluarga maka akan muncul resiko terjadinya konflik yaitu kontrol berlebihan dari manajer yang notabene bukan anggota keluarga. Eskalasi dari resiko ini adalah budaya perusahaan yang sudah dibangun oleh pendiri akan beresiko hilang dan digantikan oleh budaya perusahaan oleh manajer non keluarga. Bersambung…..

Berkah Dalem,

 

Yoseph Benny Kusuma, S.M.,M.SM.

 

Sumber:

Thomas Zellweger. (2017). Managing Family Business. Edward Elgar. ISBN: 978 1 78347 069 3.