People Innovation Excellence
 

Nobody to Somebody; Personal Branding Kekinian

Mengutip quote dari artis kenamaan era tahun 70-an Andy Warhol, “in the future, someone can be famous within 15 minutes only” dan quote tersebut nampaknya menjadi kenyataan sekarang. Menjadi somebody yang diperbicangkan banyak orang dapat dengan mudah dicapai, banyak bermunculan figure  seperti Justin Bieber di luar negeri dan di Indonesia seperti Kaesang Pangarep yang tidak dipungkiri memperoleh popularitas dalam sekejab melalui dunia maya. Masih banyak lagi orang yang menjadi public figure karena sosok mereka yang banyak diperbincangkan dari gaya hidup, pemikiran, hasil karya, bahkan kehidupan pribadinya. Para public figure tersebut cukup berhasil dalam melakukan personal branding secara online (melalui sosial media), dan secara offline (melalui publikasi media konvensional).

Lalu bagaimana membangun personal branding  yang relevan dengan personality anda namun selalu kekinian, berikut beberapa tips yang dapat dicoba untuk peningkatkan kualitas personal branding melalui online dan offline activity: yang pertama tentukan segmentasi, segmen mana yang kalian pilih untuk menunjukan personality anda. Dalam konteks ini segmen dapat berupa lingkungan kerja, komunitas, organisasi, inner circle pertemanan dan sebagainya. Setelah melakukan segmentasi adalah pilih target kita, target perlu ditentukan untuk memaksimalkan sumber daya yang kita miliki seefektif mungkin karena keterbatasan sumber daya kita. Jangan sampai kita membuang energi dan sumber daya kita untuk menarik perhatian semua orang secara random yang bukan menjadi target kita. Lalu kita mulai menyusun positioning, yaitu menentukan gambaran diri kita seperti apa di benak orang lain, tunjukan apa yang menjadi kekuatan dan keunggulan kalian. Last but not least kembangkan diferensiasi potensi diri kalian, karena diferensiasi lah yang membedakan diri kalian dengan orang lain. Keunikan dan ciri khas menjadi hal yang wajib dimiliki saat ingin membangun personal branding. Diferensiasi diri juga dapat terlihat dari bagaimana muatan atau konten yang terdapat di akun sosial media kita. Tentu bukan hal yang asing ketika melihat foto-foto di akun instagram beberapa public figure seperti Nicholas Saputra dan Dion Wiyoko yang selalu mengunggah foto suatu objek dengan nilai artistik dan hampir tidak pernah mengunggah foto selfie dirinya sendiri. Hal tersebut merupakan strategi mereka untuk membangun diferensiasi dan menunjukan keunikan mereka melalui sosial media.

Demikian sedikit tips and trick singkat bagaimana kita menciptakan personal branding yang dapat membantu kita untuk menjadi personal yang mampu menarik perhatian orang di sekitar kita. Tidak ada salahnya membuat pencitraan untuk diri kita sendiri, selama bersifat positif. So, enjoy your practicing guys.


Published at :
Written By
Gabriella Sagita Putri, S.Sosio.,M.Med.Kom
Lecturer | Binus Malang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close