Oleh: Nur Kholis, S.S., M.I.Kom.

 

Keberhasilan berbicara di depan umum tidak hanya ditentukan dari seberapa sering Anda melakukannya tetapi juga seberapa tepat Anda melakukannya. Salah satu soft skill yang masih “ditakuti” oleh sebagian besar orang ini memang “susah-susah gampang”. “Susah” atau sulit untuk yang belum mengetahui caranya dan “gampang” atau mudah untuk yang sudah mengetahui seluk beluknya. Tulisan ini berusaha memberikan insight sederhana bagi Anda yang ingin mendalami kemampuan berbicara di depan umum, sehingga Anda akan “merasa mudah” melakukan praktik public speaking. Tulisan ini diilhami dari pengalaman penulis selama lebih dari 14 tahun bekerja sebagai penyiar radio dan Master of Ceremony.

Mendengar untuk Berbicara. Ini adalah prinsip utama dalam melakukan praktek public speaking. Jo Sprague, Douglas Stuart dan David Bodary dalam buku yang berjudul The Speaker’s Handbook menjelaskan bahwa:

 “The act of listening is defined as a complex and active process of receiving, processing, and evaluating an oral message. It includes the reception of stimuli, their organization into usable chunks of sound, the identification of comprehensible words or phrases, and the interpretation of meanings. From this, it follows that listening is not passive but an active process involving specific skills that requires preparation, explicit attention, and practice.” (Sprague, Stuart, Bodary, 2014:27).

 

Pendapat dari ahli public speaking di atas menguatkan fakta bahwa mendengar adalah salah satu kunci utama untuk sukses di bidang ini. Mendengar adalah proses aktif di mana Anda akan ditantang untuk menerima, memproses, mengevaluasi dan merespon lawan bicara atau audiens Anda. Proses mendengar ini akan melatih kepekaan Anda yang berfungsi untuk respon cepat Anda dalam menghadapi audiens. Misal, Anda mendengar 2 audiens sedang berbincang mendiskusikan materi yang Anda sampaikan dalam sebuah presentasi, maka dengan kemampuan mendengar yang baik, Anda akan bisa segera memberikan respon berupa mengulang penjelasan, atau langsung menanyakan kepada yang bersangkutan tentang materi yang belum jelas.

Keaktifan adalah hal penting dalam praktek public speaking. Anda harus mengerahkan segenap rasa dan logika sehingga dapat merespon setiap stimuli yang muncul di tengah praktek public speaking. Dengan demikian, akan sangat besar kemungkinan Anda untuk sukses di bidang ini. Salam semangat!