Sejak kemunculannya pada era awal tahun 1990, internet telah membawa dampak yang berpengaruh besar terhadap masyarakat. Kemudahan melakukan akses informasi dari berbagai dunia serta melakukan telekomunikasi lewat bermacam aplikasi di internet membuat masyarakat kita tidak lagi hanya mengandalkan surat kabar ataupun radio serta menambah wawasan akan lingkungan global pada masyarakat. Saat ini akses informasi melalui internet telah dapat dilakukan melalui ponsel pribadi kita, lebih cepat dan langsung dinikmati penggunanya. Dalam dunia kerja, kehadiran internet membawa perubahan pada pola komunikasi organisasi didalamnya. Jika sebelumnya rapat diharuskan melalui tatap muka, namun kini tatap muka bisa dilakukan melalui skype dengan menggunakan web camera dan pengiriman informasi perusahaan sudah mulai banyak yang menggunakan email daripada surat.
Di dunia pendidikan saat ini internet dimanfaatkan sebagai teknologi yang memudahkan untuk melakukan pendaftaran siswa baru setiap tahunnya. Siswa juga dapat mengakses hasil ujian melalui internet dan tentunya untuk mengunduh buku maupun jurnal terkait dengan tugas pelajaran di sekolah. Internet juga menjadi alat bagi elite politik ataupun masyarakat yang mengikuti perkembangan politik internasional, peristiwa alam yang sedang terjadi, fenomena trend anak muda yang sedang bermunculan, fashion terbaru dan masih banyak lagi. Jika dianalogikan sebagai gudang penyimpan barang maka bisa dikatakan bahwa internet memiliki milyaran informasi yang tersimpan didalamnya. Mulai dari scope yang terkecil hingga yang paling banyak dicari, mulai dari yang berhubungan dengan edukasi hingga pornografi semuanya dapat diakses melalui internet.
Kehadiran internet tidak hanya berfungsi sebagai penyedia informasi, namun juga sebagai kontrol atas perubahan lingkungan. Disebut sebagai kontrol karena pengguna internet tidak terbatas orang dewasa saja, namun remaja bahkan anak-anak sudah bisa mengakses internet dewasa ini. Sementara itu, kita tidak bisa mengontrol persebaran informasi di internet yang mudah untuk didapatkan. Contohnya saja mengenai K-pop, bagi para K-pop lovers internet sudah tentu menjadi wadah yang membantu mereka untuk lebih mendekatkan lagi pada dunia korea ataupun inspirasi fashion agar penampilan mereka serupa dengan idolanya. Kemudian berita mengenai kekerasan ataupun perang di timur tengah, kerusakan alam global, dll. Internet dikatakan sebagai kontrol atas perubahan lingkungan karena terdapat tekanan atas berbagai sektor lingkungan dalam masyarakat.
Tekanan tersebut meliputi sosial, budaya, ekonomi, politik, ekosistem alam, inovasi-inovasi dalam masyarakat yang memiliki agenda global dimana seluruh dunia berusaha untuk digiring dalam arus yang sama yaitu globalisasi. Sehingga internet menjadi kontrol untuk tetap mempertahankan nilai-nilai yang telah ada sebelumnya dalam masyarakat atau mengikuti arus lain yang bukan merupakan identitas diri seseorang tersebut. Seperti contoh K-pop tadi, bahwa saat ini anak-anak muda mengkonstruksikan kecantikan bahkan kesempuranaan sebagaimana bintang korea yang disimbolkan dengan putih, langsing, berambut panjang, tingkah laku yang menggemaskan. Padahal sebagai orang indonesia kita bukanlah bangsa dengan tipikal bentuk tubuh seperti itu. Tak hanya itu, internet juga menjadi kontrol bagi para orang tua untuk lebih sadar dan perhatian terhadap putera-puteri mereka atas informasi yang secara bebas dapat diakses melalui internet.
Internet juga memiliki fungsi adaptasi atas perubahan lingkungan dalam masyarakat. Kita semua setuju bahwa masyarakat bergerak dinamis dan selalu mengalami perubahan. Salah satu faktor yang memiliki pengaruh atas perubahan masyarakat adalah kemunculan teknologi dan internet sebagai produk teknologi memiliki andil yang besar dalam proses adaptasi masyarakat atas perubahan. Sebelumnya juga sudah dicontohkan mengenai kehadiran internet dalam dunia kerja yang pola komunikasinya juga mengalami perubahan sebagai bentuk adaptasi atas munculnya internet. Komunikasi yang tadinya dilakukan melalui tatap muka langsung kini bisa dilakukan sewaktu-waktu melalui internet dan ini dianggap efisien dalam waktu. Kemudian segala bentuk informasi terkait perusahaan tidak lagi dikirim melalui undangan, tapi cukup melalui email yang langsung dibaca oleh yang bersangkutan.
Kehadiran internet dalam kehidupan masyarakat secara positif memiliki fungsi kontrol dan adaptasi atas perubahan lingkungan yang terjadi. Fungsi kontrol dan adaptasi tersebut merupakan implikasi atas keberadaan internet yang membawa pengaruhi dalam masyarakat untuk melakukan perubahan dan adaptasi atas segala bentuk perubahan dalam lingkungan masyarakat. Sebab adaptasi tanpa dilakukannya kontrol akan menimbulkan konflik dikemudian hari dalam masyarakat. Kontrol atas nilai-nilai dalam masyarakat mengenai perubahan lingkungan, untuk tetap memegang identitas kedirian seseorang dalam masyarakat maupun organisasi menjadi penting dalam era perkembangan teknologi dimana semua informasi seolah sudah berlebihan dikonsumsi. Adaptasi atas perubahan lingkungan agar tetap dapat menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi juga arus terus dilakukan untuk mengembangkan diri, namun tetap memperhatikan nilai dan norma yang ada dalam masyarakat.