People Innovation Excellence
 

Iklan Digital yang Menyentuh Hati; Seasonal Promotion Strategy ala Tokopedia dan Gojek

Iklan di sosial media dengan strategi story telling masih menjadi senjata andalan beberapa brand marketplace dan techcompany dalam melakukan promosi, terutama dalam season bulan Ramadhan saat ini. Memasuki season khusus tahun ini, Tokopedia dan Gojek juga mengeluarkan senjata seasonal promotion dengan me-launching video iklan di channel Youtube. Rupanya iklan digital menjadi pilihan yang cukup efektif bagi kedua brand tersebut. Selain keuntungan dari sisi budget, viral effect pun menjadi tujuan utama dari iklan digital.

Bulan Ramadhan tahun ini Tokopedia dan Gojek kembali meluncurkan iklan digital yang cukup unik dan memliki alur cerita yang menyentuh. Kedua brand  tersebut membuat video yang sampai saat ini sudah menyedot perhatian puluhan ribu viewers dan menjadi video yang viral di berbagai platform sosial media. Tokopedia mengusung iklan Ramadan 2018 dengan cerita ringan namun menyentuh hati. Iklan ini menggunakan tagline Jadikan Ramadan Kesempatan Terbaik, berangkat dari pesan yang ingin disampaikan Tokopedia mengenai bagaimana momen Ramadan yang merupakan kesempatan untuk melakukan kebaikan dimulai dari diri sendiri kepada orang yang kita sayangi, bahkan orang-orang di sekitar kita. Iklan berdurasi dua menit ini menceritakan kisah Rafi dan Ibunya yang tinggal di daerah pesisir tapi belum pernah mencicipi udang galah seumur hidupnya dan bulan Ramadan menjadi kesempatan bagi Rafi untuk memberikan yang terbaik bagi sang Ibu. Dalam video tersebut, ada value tentang arti suatu kebaikan dan pengorbanan, tidak hanya video iklan yang sifatnya hanya hardselling. Sebagaimana kita selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi orang yang disayangi.

Serupa namun tak sama, Gojek pada bulan Ramadhan membuat iklan Ramadan dengan tagline Cari Pahala. Dengan mangangkat sosok anak kecil sebagai figur utama dalam video tersebut, Gojek ingin menyampaikan kepada audience dari sisis emosional namun tetap terlihat cheerfull dan menarik. Dalam sebuat situs bisnis, VP Brand dari Gojek menyatakan bahwa dengan campaign Cari Pahala, Go-Jek siap membantu para pelanggan tidak hanya untuk lebih mudah menjalankan ibadah di tengah kesibukan sehari-hari serta lebih mudah dan nyaman dalam menikmati makanan sahur dan berbuka puasa, tetapi juga untuk lebih banyak berbagi dan berbuat kebaikan kepada sesama. Hal ini terbukti dengan meningkatnya pesanan Go-Food hingga 450% pada saat sahur dan pesanan Go-Ride ke masjid-masjid populer di Jakarta yang mencapai rata-rata 58% di bulan Ramadhan ini. (Triwijanarko, 2018 Marketeers.com).


Published at :
Written By
Gabriella Sagita Putri, S.Sosio.,M.Med.Kom
Lecturer | Binus Malang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close