Oleh: Nur Kholis, S.S., M.I.Kom.

Digitalisasi seakan tidak mau berkompromi dengan kondisi. Siapa yang tidak mampu bertahan akan tergerus kemajuan jaman. Tidak berlebihan apabila istilah “siapa yang kuat, dia yang akan menang” digembor-gemborkan sebagai sebuah semangat untuk menatap masa depan. Radio, salah satu media penyiaran tertua di dunia juga harus terlibat dalam situasi ini. Keberadaan online music streaming dan penjualan lagu original para musisi yang terintegrasi dengan gawai membuat penikmat musik semakin mudah mendengarkan lagu faforit. Terlebih lagi, mereka mempunyai kuasa untuk memutar musik tersebut kapanpun mereka mau. Penikmat musik masa kini semakin mandiri, tidak tergantung dengan media lain. Lalu, bagaimana media penyiaran radio mampu bersaing dan bertahan?

Penyiar radio adalah jawabannya. Gagasan ini dapat dianalisa secara ilmiah melalui 2 penjelasan singkat. Pertama, penyiar radio mampu mengikat pendengar melalui kemampuan interpersonal communication. Sesuai dengan definisinya, interpersonal communicaton adalah aktifitas komunikasi yang melibatkan dua orang atau lebih. Komunikasi antara penyiar radio dan pendengarnya disebut sebagai praktik komunikasi interpersonal. Dalam praktiknya, pendengar radio dianggap sebagai satu orang, maka dari itu gaya komunikasi yang dibangun oleh penyiar harus akrab seperti layaknya teman. Kebutuhan untuk mendapatkan teman dekat juga merupakan kebutuhan dasar manusia. Hal inilah yang menjadi penjelasan ilmiah kedua. Hal ini bisa menjadi celah bagi pengelola radio untuk memaksimalkan potensi penyiar radio yang dimiliki agar menjadi daya tarik bagi para pendengar. Media penyiaran radio akan mempunyai peluang besar untuk bertahan dengan memanfaatkan potensi besar ini. Sifatnya yang sangat personal dan mampu menjadi teman bagi pendengarnya adalah aset besar yang harus dikelola dengan serius. Penyiar radio adalah sumber daya media penyiaran radio yang mampu menjalankan tugas ini. Penyiar radio harus mempu merebut hati pendnegar lewat suaranya, sebuah hal yang tidak dimiliki oleh online music streaming.