Oleh: Nur Kholis, S.S., M.I.Kom.

Hampir sebagian besar dari Anda tentu mempunyai pengalaman berbicara di depan umum. Hasil dan kesan yang Anda alami tentu juga sangat beragam. Sebagian dari Anda pasti mempunyai kesan dan pengalaman yang baik ketika berbicara di depan umum. Namun, tanpa ragu, sebagian pasti mempunyai kesan dan pengalaman yang tidak baik ketika berbicara di depan umum. Praktik public speaking memang terkesan mengerikan untuk sebagian orang. Namun, akan selalu ada solusi untuk setiap masalah di bumi ini.

Menurut pengalaman saya ketika berada di bidang public speaking selama 14 tahun, kemampuan seseorang akan selalu meningkat dalam berbicara di depan umum apabila rutin mengasahnya dalam berbagai kesempatan. Anda bisa memanfaatkan kesempatan apapun yang ada untuk mengasah kemampuan tersebut, mulai sesi diskusi di kelas, menyampaikan pesan dan kesan ketika ada perpisahan rekan kerja sampai menjadi pembawa acara “dadakan” di acara ulang tahun teman. Ibarat mesin sebuah mobil, kemampuan berbicara di depan umum akan semakin baik apabila digunakan setiap hari. Hal ini terjadi karena Anda makin mengenali medan yang beragam. Medan praktik public speaking tentu beragam dari satu kesempatan ke kesempatan yang lain. Dalam hal ini, medan adalah audiens dan jenis event yang Anda hadapi. Apabila Anda berhasil menguasai medan, maka besar peluang Anda untuk berhasil dalam public speaking.

Ada satu cara yang paling efektif untuk menguasai medan, baik audiens dan jenis event di mana Anda mempraktikkan public speaking, yaitu berusaha datang lebih awal dan menjalin komunikasi dengan beberapa audiens yang sudah hadir. Hal ini penting dilakukan untuk menyatukan diri Anda dengan situasi dan kondisi yang akan Anda hadapi. Hal ini akan membantu pembicara untuk lebih mengenal secara personal audiens dan kondisi yang sedang berlangsung sehingga ia mampu menempatkan diri dengan tepat. Kondisi ini juga akan membantu sang pembicara untuk lebih rileks dan meminimalisir rasa kuatir dan grogi. Untuk mendukung penampilan agar lebih baik, Anda juga disarankan untuk menulis dengan detil materi yang akan disampaikan dalam public speaking. Istilah ini disebut dengan “write the way you talk”.  Kebiasaan ini akan membantu Anda untuk berpikir dan berbicara secara sistematis. Dengan menerapkan langkah tersebut di atas, disertai dengan praktik yang dilakukan terus menerus dan rutin, kemampuan berbicara di depan umum Anda akan selalu lebih baik.