Pada awal Maret 2018 yang lalu, Google telah memperkenalkan versi Android terbaru mereka yakni Android P seri developer preview atau versi beta. Android P ini sementara hanya dapat dinikmati oleh pengguna Google Pixel, Google Pixel XL, Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL. Keberadaan Android P ini memiliki beberapa improvement dibanding Android Oreo seperti tampilan notch seperti di iPhone X, Google smart replies, teknologi High Efficiency Image Format (HEIF) yang memungkinkan pengguna untuk mengecilkan ukurna foto hingga setengah ukuran foto JPG pada umumnya. Teknologi yang sebelumnya telah diimplementasikan pada iPhone X dan iOS 11 ini memungkinkan penghematan kuota data dan mempermudah sinkronsiasi dengan cloud. Selain itu Android P akan mengusung WiFi IEEE 802.11mc atau dikenal dengan WiFi Round Trip Time (RTT) yang memungkinkan navigasi yang lebih akurat pada ruangan tertutup/ indoor, memungkinkan aplikasi mengethaui seberapa jauh jarah pengguna smartphone terhadap WiFi Access Point.

Android P yang disebut-sebut akan menggunakan nama Pistachio ini akan direlease pada sekitar bulan Agustus 2018. Terlepas dari berbagai kelebihan fitur dari Android P ini, ada kabar yang membuat para android developer harus mengevaluasi dan meng update aplikasi mereka supaya keberadaan aplikasi mereka tetap tersedia di Google Play Store bagi pengguna Android P. Google telah mengeluarkan pernyataan bahwa standar minimum versi API untuk aplikasi yang dapat berjalan di Android P adalah versi 17 atau Jelly Bean seri 4.2. Hal ini menyebabkan semua aplikasi yang mempunyai minimum API di bawah 17 tidak akan berjalan dan secara otomatis akan menghilang dari Google Play Store.

Selain itu android developer harus mempelajari dan menyesuaikan beberapa library mereka dengan minimum API yang ada dan beberapa requirement yang telah ditentukan oleh Google melalui update library/ SDK mereka. Selain kebijakan minimum API, Google juga membuat kebijakan bahwa semua aplikasi yang sudah tidak melakukan update maksimal setahun sebelum kehadiran Android terbaru maka otomatis akan menghilang dari Google Play Store di pengguna Android P. Ini berarti android developer juga perlu mengupgrade aplikasi mereka untuk minimal kompatibel dengan Android Oreo tersebut.

Sumber gambar

https://www.androidcentral.com/android-p