People Innovation Excellence
 

Green Design

Istilah ini berangkat dari sebuah fenomena alam yaitu global warming. Global warming adalah sebuah fenomena dimana bumi dalam suhu yang lebih hangat dari sebelumnya dan menyebabkan perubahan pada iklim dan cuaca secara ekstrim yang kemudian berdampak pada ekosistem di bumi. Perubahan yang terjadi memberikan dampak yang cukup berpengaruh sehingga banyak komunitas yang bergerak karena masalah ini dan membuat berbagai gerakan yang bertujuan untuk merubah pola hidup masyarakat yang dianggap sebagai pemicu global warming. Diantaranya adalah membuat solusi masalah berupa desain yang disebut green design. Green design tidak terbatas pada satu aspek saja melainkan seluruh aspek yang membutuhkan solusi berupa desain.

Green design dalam lingkup visual berupa pengurangan dalam media cetak. Membatasi penggunaan kertas dan media raksasa yang membutuhkan tenaga listrik besar. Tujuannya adalah mencegah efek global warming dari sector industry desain grafis. Selain dari desain grafis, desain produk dan interior juga berperan seperti penggunaan material bekas atau material yang sifatnya tidak kimia dan bisa diurai oleh tanah dalam proses desain. Pemikiran ini berasal dari keinginan agar desain dan seni dianggap sebagai hal yang membantu memecahkan masalah secara permanen bukan untuk menyelesaikan masalah dan membuat masalah dalam aspek lainnya.

Dalam tahun 2018, green design tentunya tetap menjadi pilihan karena para desainer karena permasalahan global warming merupakan masalah yang dimiliki Bersama dan sebuah perubahan bisa menjadi sebuah solusi yang selalu dikerjakan oleh desainer.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close