Media merupakan sebuah wadah atau alat dalam menyampaikan pesan atau informasi. Media konvensional yang dikenal, seperti televisi dan koran sekarang mulai ditinggalkan karena perkembangan teknologi. Telepon genggam yang fungsi sebelumnya untuk menelepon berkembang menjadi smartphone dimana semua kebutuhan yang diperlukan seorang individu diusahakan dalam satu wadah. Komunikasi jadi tidak memiliki batas dan dapat diakses dan dimiliki tidak hanya sekelompok tetapi individu. Hal ini terkadang membuat jarak terasa dekat dan jauh sekaligus.

New Media. Sumber:samuelosborne.com

New media, merupakan istilah yang digunakan untuk menyesuaikan dengan kemajuan teknologi. Terdapat dua new media yang beredar di masyarakat, media konvensional yang ditingkatkan menjadi digital atau media yang menggunakan bahan atau alat yang benar-benar baru untuk memproduksinya. Dalam produksi new media tentunya akan terasa menantang karena dipacu untuk membuat sesuatu yang baru yang menyesuaikan teknologi. Tetapi, tidak semua berpikiran sama dan masyarakat Indonesia belum seluruhnya mempercayai teknologi baru. Bahkan masih ada masyarakat yang belum tersentuh teknologi dan tidak mau berurusan dengannya.

Tetapi, new media memang digunakan oleh kebanyakan generasi muda atau istilahnya milenials. Generasi ini dianggap sebagai pengembang dan sekaligus pengguna new media. Karena itu generasi ini jugalah yang membuat isu new media menjadi pembicaraan. Dianggap sebagai kemajuan dan juga kemunduran peradaban. New media juga merupakan penanda perubahan norma dan nilai di masyarakat karena generasi yang melaksanakannya. New media terkait dengan kemajuan teknologi yang hanya mengandalkan dunia internet sebagai perantara komunikasi dan ini memberikan kelebihan untuk memperbanyak komunikasi tidak langsung dan menimbulkan banyak perubahan dalam perilaku dan kebiasaan di masyarakat milenials. Karena perbedaan inilah, timbul banyak pertanyaan dari generasi yang lebih tua dari milenials, mempertanyakan apakah generasi milenials ini sudah berada di jalan yang benar dan seharusnya diiringi kemajuan teknologi dan kecerdasan tanpa batas.