“Less is more”. Pernahkah Anda mendengar ungkapan ini? Ungkapan ini keluar dari seorang arsitek Jerman yaitu Ludwig Mies van der Rohe. Ungkapan ini memiliki arti bahwa sesuatu yang sederhana tidak selalu buruk, kesederhanaan memiliki  nilai lebih, dimana fitur dalam desain tidak diperlukan dan minimalis adalah sebuah kewajiban. Dalam hal ini seorang desainer dituntut untuk lebih simple dan berani berimajinasi dengan batas-batas minimalis tertentu. Desain yang sederhana atau desain yang minimalis banyak diterapkan oleh para desainer. Saat ini desain minimalis menjadi alternatif pilihan oleh para desainer ditengah berbagai macam gaya desain yang ada. Desain minimalis dapat ditemui diberbagai karya visual misalnya ilustrasi, tipografi bahkan logo yang simpel dan minimalis.

  1. Warna

Penggunaan warna yang simpel dengan hanya menggunakan dua kombinasi warna menjadi strategi dalam menciptakan suatu desain minimalis. Warna hitam, putih atau abu-abu dipadukan dengan warna-warna yang cerah akan menghasilkan warna yang kontras yang harmoni.

Gambar 1. Penggunaan warna pada logo (Sumber: http://www.aep.com)

2. Layout

Dalam menghasilkan desain yang minimalis, desain layout sangat perlu diperhatikan karena terkait dengan konten. Desain layout minimalis merupakan tantangan bagi seorang desainer, bagaimana mengatur layout atau tata letak setiap elemen desain sehingga menghasilkan desain yang baik tanpa menganggu kenyamanan audience untuk menikmatinya.

Gambar 2. Desain minimalis layout majalah (Sumber: https://www.pinterest.co.uk/pin/493214596675378596/)

3. Tipografi

Dalam desain minimalis, penggunaan elemen tipografi pada suatu karya harus diperhatikan. Jangan menggunakan lebih dari dua font yang berbeda. Satu font untuk headline dan1 font lagi untuk subheadline / konten. Penggunaan font yang berlebihan akan sangat menggangu keterbacaan dari sebuah konten khususnya konten yang termuat dalam halaman website atau majalah.

Gambar 3. Aplikasi tipografi dalam karya desain (Sumber: https://www.pinterest.com.au/pin/177681147777561757/)

4. Logo

Salah satu prinsip logo yang utama adalah simple, unik dan memorable. Logo dengan bentuk yang sederhana akan memudahkan audience untuk mengenalinya. Sebagai contoh ketika Anda melihat bentuk 3 berlian maka dapat dikenali itu adalah logo mitsubishi.

Gambar 4. Penggunaan logo yang sederhana (Sumber: https://www.mitusbishi-motors.com)