People Innovation Excellence
 

Exploit kernel Playstation 4

By : Hanugra Aulia

Developer dengan nama samaran SpecterDev ahkirnya mengeluarkan exploit kernel yang dapat berjalan penuh pada PlayStation 4 (firmware 4.05), setelah 2 bulan yang lalu team Fail0verflow mengeluarkan detail teknis pada tautan https://fail0verflow.com/blog/2017/ps4-namedobj-exploit/

Saat ini exploit tersebut dapat di unduh di GitHub dengan link : https://github.com/Cryptogenic/PS4-4.05-Kernel-Exploit dengan nama  “namedobj”, exploit kernel untuk PlayStation 4 pada firmware 4.05 memungkinkan user untuk menjalankan kode kode tertentu pada konsol PS4, memungkinkan jailbreak PS4 ataupun modifikasi pada level kernel. Walaupun pada exploit ini tidak menyertakan kode untuk jailbreak, developer lain dapat mengembangkan jailbreak secara penuh menggunakan exploit tersebut.

Dengan adanya jailbreak, maka pengguna dapat menjalankan kode kode ataupun script tertentu pada konsol, melakukan install mods, cheat, ataupun aplikasi pihak ketiga, ataupun menjalankan game game yang secara normal tidak bisa dimainkan karena adanya mekanisme anti pembajakan yang di implementasikan oleh Sony Play Station.

SpecterDev mengatakan “This release, however, does not contain any code related to defeating anti-piracy mechanisms or running homebrew” “This exploit does include a loader that listens for payloads on port 9020 and will execute them upon receival.”

Namun yang perlu digaris bawah kepada pengguna adalah ada kemungkinan exploit ini tidak dapat berjalan secara mulus. SpecterDev memperingatkan bahwa exploit ini hanya berjalan mulus dan stabil di kisaran 95% saat dilakukan pengetesan. Namun dilaporkan bahwa WebKit  jarang sekali mengalami crash saat dijalankan pada kernel.

Pengguna Play Station 4 dengan versi firmware dibawah 4.05 dapat melakukan update konsol mereka untuk menjalankan exploit ini. Dan tentunya Sony tidak akan senang dengan peluncuran exploit kernel ini, dan mereka akan berusaha lebih keras untuk menambal celah pada firmware Play Station 4 berikutnya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close