Oleh : Wina Permana Sari, S.T., M.Kom.

 

E-Government, mungkin sudah tidak asing bagi khalayak umum saat ini mendengar satu kata tersebut,  E-Government merupakan satu hal yang luas, dalam bahasan kali ini, kita akan bahas mengenai bagian sisi dari E-Government, yaitu dilihat dari sisi teknologi, teknologi yang dapat membantu kinerja pegawai negeri sipil atau saat ini dikenal dengan aparatur sipil negara untuk memudahkan pekerjaan mereka sehari-hari.

Berbicara mengenai pemerintahan, pasti yang terlintas yaitu masalah mengenai administasi atau birokrasi yang lumayan panjang dan rumit. Namun sayang hal ini masih belum mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah khususnya mengenai fasilitas aplikasi yang dapat membantu kinerja pemerintah dalam mengerjakan tugas pokok mereka sehari-hari secara merata di seluruh Indonesia,saat ini masih mencangkup di kota-kota besar saja. Salah satu contoh masalah sederhana, dalam pembaharuan data dalam Kartu Tanda Penduduk, perpindahan Kartu Keluarga dan lain sebagainya. Kita diharuskan mencari tanda tangan dari satu instansi ke instansi lain dimana mengisi form masih secara manual, tentu hal ini dapat dihemat dengan adanya e-form sehingga seluruh instansi yang terlibat misalnya dalam masalah KTP, KK, dan lain lain dapat seragam. Karena sesuai pengalaman, terkadang satu instansi tidak menerima form yang diajukan dari instansi lain karena dianggap salah, padahal form tersebut kita dapat dari intansi peemrintah juga.  Hal ini lah yang menyebabkan masyarakat atau warga negara menjadi harus bolak-balik untuk menyampaikan hal bahwa form tersebut tidak dapat diterima di instansi pertama dan harus direvisi. Solusi dari masalah ini dapat kita ambil yaitu jika saja antara satu instansi terintegrasi dengan suatu format e-form maka hal ini dapat menghemat kinerja mereka dan warga tentunya, karena warna dapat mengisi form tersebut dari rumah dan datang ke instansi tersebut dengan catatan sudah terisi dengan baik dan benar, karena di e-form tersebut sudah dijelaskan cara pengisian yang benar sehingga tidak akan bisa diproses selanjutnya jika hal tersebut tidak dilakukan dengan benar. E-form ini juga dapat dilengkapi dengan daftar antrian, sehingga kita memiliki perkiraan waktu kedatangan agar tidak terlalu lama menunggu di instansi tersebut.

Hal ini bisa diimplementasikan dengan suatu aplikasi berbasis web atau mobile, sehingga sangat memudahkan warga negara Indonesia khususnya. Tantangan dari penelitian ini yaitu bagaimana cara mendapatkan data pemerintah yang valid serta memerlukan keterbukaan informasi dari pemerintah. Tentunya harus sesuai dengan prosedur kode etik penelitian dan kerjasama yang baik dengan pemerintah, sehingga mempermudah alur penelitian ini.