People Innovation Excellence
 

Big Data dalam Twitter

Oleh : Wina Permana Sari, S.T., M.Kom.

Bukan hal yang baru, jika di era jaman sekarang ini pengguna sosial media meningkat tajam. Seperti halnya dilansir oleh (sebutin sumbernya kalo ada peningkatan penggunaan sosial media). Pengguna sosial media setiap menit bahkan detik dari seluruh belahan dunia, menambah jumlah data ke setiap perusahaan mega penyedia aplikasi sosial media seperti twitter, facebook dan lain sebagainya. Dari sisi pengguna, hal ini menyenangkan bahkan bukan merupakan suatu beban, mungkin menjadi suatu tren saat ini jika sering mengupdate status malah menjadi lebih eksis di dunia maya. Berbeda halnya jika kita melihat dari kacamata perusahaan penyedia aplikasi sosial media, hal ini tentu menjadi aset yang sangat berharga bagi perusahaan khususnya twitter.

Menurut statistika disebutkan bahwa pengguna aktif twitter di Indonesia per mei 2016 mencapai 24,34 juta. Angka ini menduduki peringkat ketiga dunia setelah Negeri Paman Sam (67,54 juta) dan India (41,19 juta). Hal ini tentu tidak dilewatkan begitu saja oleh perusahaan sebesar twitter. Sejumlah data tersebut bertambah setiap harinya dimana oleh pihak twitter dijadikan sebuah riset atau penelitian dari salah satu topik yaitu big data dalam sosial media khususnya twitter.  Dalam big data ini dapat kita tinjau dari salah satu sub topik yaitu trending topic dalam hastag twitter. Dari trending topic ini dapat dilakukan penelitian salah satunya yaitu melihat per hari ini atau bahkan per detik topik apa yang sedang hangat dibicarakan, kemudian kita juga bisa melihat pengaruh suatu akun twitter terhadap followernya, dimana dijaman era sekarang seseorang yang mempunyai banyak follower aktif nyata bukan follower maya dimanfaatkan sebagai jalur suatu iklan produk atau jasa, yang saat ini dikenal dengan kata endorse. Selain itu juga hastag dalam twitter dapat memprediksi sifat-sifat dari akun twitter seorang, misalnya suatu akun twitter dari kebanyakan postingan hastagnya membicarakan mengenai memasak, IT, olahraga atau yang lainnya dan lain sebagainya manfaat hastag twitter dalam penelitian.

Tentunya banyak manfaat dari hastag twitter ini selain menjadi aset berharga dalma penelitian twitter, disisi lain menjadi nilai jual untuk perusahaan-perusahaan penyedia produk dan jasa. Hal ini tentunya dapat membuka peluang penelitian lebih banyak dan lebih uptodate karena sesuai dengan perkembangan jaman.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close