Preissy E. Mandagi S.Sos, M.Med.Kom

Inovasi dalam dunia teknologi saat ini semakin berkembang dengan pesat. Tidak mengherankan lagi apabila hampir setiap manusia saat ini telah memanfaatkan kehadiran teknologi dalam menunjang berbagai aktivitas mereka. Dengan adanya teknologi aktivitas manusia dapat dilakukan dengan mudah, sehingga teknologi saat ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Manusia di tuntut untuk dapat menggunakan teknologi dalam berbagai aktivitas mereka.

Perkembangan teknologi Internet saat ini telah menjadi aspek penting dalam kehidupan manusia khususnya dalam dunia pekerjaan. Bagi para pelaku bisnis kehadiran teknologi Internet telah dianggap sebagai salah satu sarana yang efektif dalam menunjang kegiatan komunikasi bisnis mereka. Kehadiran internet banyak membawa manfaat yang baik bagi para pelaku bisnis dan para praktisi khsusnya PRO (Public Relation Officer). Menurut Onong Uchjana Effendy (2006:23), “ Public Relation atau Hubungan Masyarakat merupakan bentuk komunikasi dua arah yang terjadi antara organisasi dan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan menejemen dengan meningkatkan kerjasama”.

Dalam ruang lingkup PRO peran internet tidak dapat dipisahkan, jika dimanfaatkan dengan baik maka akan berdampak baik terhadap kemajuan perusahaan. Dengan memanfaatkan teknologi seorang praktisi PR dapat melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan lebih mudah. Menurut Ruslan (2005:9), tugas seorang PRO ialah “menunjang kegiatan menejemen dalam mencapai tujuan perusahaan, membina hubungan yang baik antara internal dan eksternal perusahaan, menciptakan komunikasi dua arah antara perusahaan dan publik, sebagai penyebar informasi, dan dapat melayani publik beserta perusahaan demi kepentingan bersama”. Dalam menjalankan tugas dan fungsi PRO tidak lepas dengan peran serta internet dalam menunjang aktivitas seorang PRO. Teknologi mempengaruhi bagaimana mereka memberikan dan mendapatkan informasi dari pihak-pihak yang berkepentingan melalui saluran internet .

Melalui situs Web seorang PRO dapat mencari berbagai informasi yang dibutuhkan dari berbagai sumber dengan cara yang mudah, karena Web memiliki mesin pencari dan beberapa layanan yang dapat membantu kebutuhan PRO. Seorang PRO dapat menggunakan layanan Web berupa E-mail, Yahoo Massanger untuk membantu kelancaran aktivitas komunikasi mereka dengan pihak lain. Dengan adanya Web News (Website Berita) sangat membawa keuntungan bagi seorang PRO, melalui penggunaan Web News informasi terkini dan berbagai macam peristiwa yang terjadi saat ini dapat di diketahui dengan mudah sehingga menambah wawasan pengetahuan berita terkini.

Di era modern saat ini, kehidupan pribadi dan bisnis memang tidak bisa lepas dari keberadaan teknologi internet. Internet telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan dan membantu dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya internet pekerjaan akan terasa mudah dan cepat terselesaikan, internet juga merupakan salah satu sarana penunjang dalam kegiatan promosi, serta dapat membantu melakukan komunikasi antar pribadi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

SUMBER

Effendy, Onong Uchjana. 2006. Hubungan Masyarakat : Suatu Studi Komunikasi.  Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady, 2005, Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.