People Innovation Excellence
 

Online Travel Agent sebagai faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi pemasaran Public Relations Hotel

Nisrin Husna, S.Ikom., M.Ikom

Menjamurnya Online Travel Agent di indonesia memberikan kemudahan bagi para traveller untuk merencanakan liburan mereka. Mulai kemudahan memilih transportasi yang tepat hingga pilihan hunian selama liburan. Online Travel Agent pada dasarnya memiliki lingkup bisnis yang sama seperti agen travel konvensional. Pembedanya, Online Travel Agent membuka layanan berbasis digital, dimana transaksi pencarian informasi, pemesanan, dan pembayaran dilakukan dalam jagad maya. Online Travel Agent ini sendiri terbagi menjadi tiga macam, yaitu booking onlinetravel review, dan online aggregatorBooking online menyediakan layanan untuk memesan akomodasi perjalanan, sementara travel review merupakan penyedia ulasan kualitas atau pengalaman konsumen. Sedangkan Online Aggregator menggabungkan konsep keduanya dan berperan menjadi agen travel yang serba lengkap. Online aggregator menyediakan informasi berbagai pilihan akomodasi, membandingkan antar harga, dan secara langsung juga dapat melakukan pemesanan tiket transportasi maupun kamar hotel.

Berbagai wacana kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan Online Travel Agent bagi konsumen berbanding lurus dengan meningkatnya tantangan yang dihadapi oleh Public Relations hotel. Erwinda Monica, Public Relations Hotel Santika Premiere Malang mengemukakan bahwa review Online Travel Agent kini sedang menjadi fokus utama managemen, karna testimoni konsumen di Online Travel Agent bisa menjadi alat komunikasi pemasaran paling efektif  mengalahkan advertising, direct marketing, sales promotion maupun personal selling, namun di sisi lain juga bisa menjadi faktor utama penghambat strategi komunikasi pemasaran hotel. Dua sisi ini harus dihadapi karena  konsumen yang melakukan booking kamar melalui Online Travel Agent memiliki akses penuh untuk memberikan review terhadap hotel pilihan sesuai dengan pengalaman yang konsumen rasakan. Artinya, baik pengalaman positif maupun negatif dapat mereka sampaikan sebagai testimoni tanpa terkecuali. Hasil rate dan review tersebut, kemudian digunakan oleh beberapa Online Travel Agent seperti Traveloka, Agoda, Booking.com, dan Trip Advisor untuk menentukan ranking hotel di Online Travel Agent mereka. Kondisi inilah yang tentu harus menjadi perhatian Public Relations secara cermat dan cepat. Cermat dalam membaca dan menentukan langkah yang tepat, dan cepat dalam merespon review konsumen, terlebih bagi testimoni negatif atau bernada ketidakpuasan, agar Online Travel Agent tetap menjadi bagian dari faktor pendukung strategi komunikasi pemasaran Hotel bukan malah menjadi faktor penghambatnya.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close