By : Hanugra Aulia Sidharta, S.T., M.MT.

Saat ini di ITK Binus Malang mempunyai beberapa PC baru pengganti PC lama, PC yang baru bertipe mini PC HP Prodesk 400 G3 DM menggantikan PC dekstop yang telah ada. Mini PC HP Prodesk ini ditempatkan di kelas dan ruang dosen. Spesifikasi mini PC ini tidak jauh beda dengan seri terdahulu, dengan prosesor Intel I3-6100T, RAM 4 GB, onboard VGA Intel HD graphics 1GB, hardisk 512 GB, serta menggunakan OS Windows 10 Pro. Yang membedakan dengan PC terdahulu yaitu PC ini menggunakan fasilitas Join Domain, ketika login ke dalam komputer menggunakan ID dosen.

Perbedaan PC yang menggunakan Join Domain dan PC biasa antara lain, dengan PC biasa kita dapat mengatur semua setting dan user lain yang ada di dalam PC tersebut. Sedangkan PC yang menggunakan join domain berbeda, pengaturan di dalam komputer diatur dari domain pusat.

Windows domain menyediakan hak istimewa terhadap administrator jaringan untuk mengatur PC dalam jumlah yang banyak dan di tempat yang berbeda. Komputer dapat dikatakan ada di satu domain apabila ada di jaringan yang sama, akan tetapi komputer yang terhubung melalui fasilitas join domain dapat berkomunikasi terhadap kontroler domain menggunakan VPN atau menggunakan akses internet. Dengan hal ini dapat memungkinkan kantor, sekolah ataupun kampus untuk mengatur laptop ataupun PC yang tersedia.

Ketika PC terhubung kedalam join domain, PC tersebut tidak dapat menggunakan local account yang ada. Setiap PC yang terhubung ke dalam join domain akan mendapat settingan langsun dari server, yang bertindak sebagai kontroler domain. Ketika anda log in kedalam PC, komputer akan mengautentifikasi  nama akun dan password ke kontroler domain. Dengan adanya fasilitas seperti ini dapat memudahkan anda dapat login menggunakan nama akun dan password yang sama ke komputer yang telah terhubung dengan join domain.

Administrator jaringan dapat merubah setting kebijaksanaan di tiap kontroler domain. Setiap komputer yang terhubung ke dalam domain akan mendapat pengaturan dari kontroler domain dan akan membatalkan semua pengaturan yang ada di lokal komputer. Dan semua ini dapat diatur dari satu tempat saja di kontroler domain. Dan dengan pengaturan ini kita tidak akan leluasa untuk merubah pengaturan yang ada di komputer begitu terhubung dengan domain.