People Innovation Excellence
 

KOMUNIKASI DALAM ILM DULU DAN KINI

Oleh: Diska Rahmita Gasti, S.Sn, M.Ds

 

Menurut Deddy Mulyana dalam prinsi komunikasi, bahwa komunikasi adalah proses simbolik yang artinya sekelompok manusia menyepakati lambang tertentu. Pada awalnya lambang atau simbol tidak bermakna, manusialah yang memberi makna, karena itu setiap tindakan komunikasi manusia adalah proses simbolik yang sebelumnya telah disepakati bersama. Komunikasi berlangsung dalam berbagai tingkat kesengajaan yang artinya komunikasi ini terjadi dengan maksud dan tujuan tertentu sehingga memang direncakan untuk terjadi. Komunikasi yang semakin mirip latar belakang sosial-budaya semakain efektif.

Dari 3 prinsip komunikasi tersebut dapat dianalisa dari ILM pertama yang berupa cetak, ILM menggunakan kata-kata yang sederhana dan semudah mungkin dipahami agar sesuai dengan budaya masyarakat dan latar pendidikan saat itu. Masyarakat Indonesia yang dikenalkan dengan KB adalah masyarakat yang berpendidikan namun lambat laun diperkenalkan kepada seluruh jaringan masyarakat Indonesia.

Berbeda dengan budaya pada era dahulu, era saat ini kaum muda cenderung berpikir menikah muda sehingga penyampaian pesan pun dengan cara berbeda juga dengan ditambahkan anjuran untuk melakukan hal lain sebelum memutuskan menikah.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close