KEBANGKITAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI INDONESIA, MASYARAKAT LEBIH PEDULI ATAU KOMUNIKASI MEDIA YANG LEBIH BAIK?
Oleh: Diska Rahmita Gasti, S.Sn, M.Ds
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menyampaikan informasi terkait isu masyarakat dan sifatnya tidak mengambil keuntungan. Karena fungsinya untuk menyampaikan informasi atau bahkan propaganda, membuat iklan layanan masyarakat terkesan tidak terlalu diperhatikan. Terkadang, pesan atau informasi yang disampaikan tidak diatur sebaik iklan produk sehingga tidak tersampaikan dengan cara yang disukai masyarakat umum. Media yang digunakan cenderung sederhana dan tidak mencakup sasaran komunikasi. Sehingga terkesan tidak ada sosialisasi padahal komunikasi sudah dilakukan namun media yang tidak tepat membuat komunikasi tidak terjadi dengan baik.
Pemilihan media ini tidak bisa disebut sebagai faktor utama komunikasi yang tidak baik. Namun, menjadi salah satunya. Media disini dipengaruhi oleh keberagaman media saat ini dan iklan itu sendiri. Masyarakat saat ini hidup di era yang didominasi oleh teknologi dan digital. Nilai-nilai tradisional menjadi pembicaraan karena mulai menghilang dari peradaban. Begitu mendewakan teknologi sehingga masyarakat menjadi kritis saat kehidupan terasa tidak selaras lagi. Saat itulah masyarakat mulai bangkit, memanfaatkan teknologi dan perkembangan jaman untuk membetulkan peradaban yang sudah mulai berantakan. Salah satunya adalah adanya komunitas-komunitas yang mewadahi berbagai urusan dan kepentingan. Ini sebagai salah satu contoh masyarakat menjadi kritis dalam berpikir dan merasa dunia dan kehidupan di dalamnya memerlukan pemulihan ke arah positif.
Pemikiran yang kritis inilah yang menjadi salah satu faktor yang merubah keberadaan iklan layanan masyarakat di masyarakat. Iklan layanan masyarakat yang sebelumnya tidak menjadi perhatian kembali menjadi alat propaganda berbagai urusan dan masalah di masyarakat. Dengan menggunakan media yang lebih beragam ditambah dengan gerakan kampanye membuat iklan layanan masyarakat bisa disejajarkan dengan iklan produk. Penyampaian informasi melalui iklan layanan masyarakat juga tidak lepas dari masyarakat yang berkembang ke arah pemikiran kritis.
Comments :