People Innovation Excellence
 

Komik Strip “Dark Comedy”, Sebuah Aliran Kontroversi Namun Penuh Makna

Oleh Victor Adiluhung Abednego, ST, M.Ds

“Dark Comedy” atau yang juga sering disebut dengan “Black Comedy” adalah sebuah jenis komedi yang membahas hal-hal yang umumnya dianggap tabu seperti kematian, pembunuhan, bunuh diri, pemerkosaan, perang dan lain-lain. Hal-hal yang dianggap tabu ini dibahas dengan cara yang ringan dan menjadi tema komedi. Komik strip yang menggunakan dark comedy sebagai tema mereka pada beberapa tahun belakangan semakin populer bersamaan dengan populernya komik strip online. Beberapa seniman komik strip dark comedy yang cukup terkenal adalah “Joan Cornella”, “Cyanide and Happyness”,

Komik strip bertemakan dark comedy tidak memiliki pasar seluas komik strip pada umumnya. Banyak orang menganggap hal-hal yang diangkat dalam komik strip dark comedy merupakan hal-hal yang tidak layak untuk dianggap sebagai lelucon. Salah satu penyebab komik strip bertema dark comedy sulit diterima masyarakat secara umum karena pada umumnya komik strip yang dinikmati masyarakat memiliki makna yang dapat dengan mudah ditangkap oleh pembaca. Komik strip bertema slice of life, komedi, kritik sosial dan politik memiliki pesan yang gamblang dapat ditangkap oleh pembaca secara langsung tanpa membutuhkan effort untuk mengolah pesan secara lebih. Cara memahami konten secara gamblang ini menjadi kebiasaan bagi para pembaca untuk memahami konten komik strip sebab mayoritas komik strip memiliki tema slice of life, komedi, kritik sosial dan politik. Kebiasaan memahami konten komik strip secara gamblang ini pada akhirnya juga diterapkan oleh pembaca kepada komik strip bertemakan dark comedy, hasilnya adalah pembaca merasakan hal-hal yang diangkat oleh komik strip dark comedy tidak layak untuk diangkat menjadi sebuah lelucon.

Komik strip dark comedy memiliki formulasi penyusunan makna yang berbeda dengan komik strip pada umumnya. Penulis komik strip dark comedy mengemas pesan-pesan filosofis tentang kehidupan, kematian, kritik sosial dan lain-lain ke dalam cerita dan ilustrasi yang umumnya dianggap tidak lazim. Berikut ini adalah salah satu contoh kritik sosial yang dikemas dalam bentuk komik strip dark comedy.

Komik strip di atas adalah salah satu komik strip karya sebuah akun komik strip dark comedy “Cyanide and Happiness”. Pada komik tersebut diilustrasikan seorang anak berbaju hijau yang tiba-tiba menaiki punggung temannya yang bebaju pink, karena tidak kuat menggendong temannya kaki anak berbaju pink patah dan anak berbaju hijau nampak menodongkan pistol kepada temannya sambil menangis. Komik ini merupakan salah satu contoh komik strip dark comedy yang mengangkat kritik sosial. Komik ini mengkritik perlakuan manusia yang dengan mudah membunuh kuda pacuan yang dianggap “tidak berguna” dikarenakan cidera pertandingan.

                Komik strip dark comedy merupakan jenis komik strip yang unik jika dibandingkan dengan komik strip pada umumnya. Diperlukan pemaknaan lebih mendalam ketika seseorang ingin menikmati konten komik strip jenis ini, dan bagi peminatnya hal ini menjadi pengalaman menarik dalam menikmati sebuah karya komik strip.

Source:

Benatar. David, “Taking Humour (Ethics) Seriously, But Not Too Seriously”, University of Capetown.

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close