Galuh A. Savitri, S.I.Kom, M.I.Kom

 

Sosial media bukan lagi menjadi hal asing di berbagai kalangan masyarakat. Sejak internet merajai dunia telekomunikasi, sosial media merupakan salah satu platform yang banyak digunakan oleh masyarakat. Di Indonesia sendiri, pengguna sosial media terbesar adalah anak-anak dan remaja. Merujuk dari artikel berjudul “Ketika Instagram Mengubah Cara Hidup Masyarakat Modern” (Ferdian, 2016) yang menjelaskan bahwa Instagram telah banyak mengubah cara pandang masyarakat modern dalam menanggapi berbagai isu kontemporer, dengan fasilitas yang tidak sekompleks Facebook dan tidak sesingkat Twitter, namun kaya akan visual yang dinamis, membuat Instagram melenggang sebagai idola baru di ranah media sosial.

Instagram yang berkembang begitu pesat dengan fitur visualnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna sosial media. Berbagai foto dan video diunggah dengan berbagai tema mulai dari foto diri, makanan, hobi, pemandangan, dan dengan berbagai teknik editing, seolah-olah setiap penggunanya berlomba-lomba untuk membuat feeds paling menarik diantara yang lain.

Tak dapat dipungkiri bahwa instagram kini telah menjadi salah satu ‘album foto terbuka’ yang memungkinkan orang ter-influence dengan foto-foto yang diunggah dalam suatu akun instagram. Seperti yang dituliskan oleh Boyd dan Elison dalam jurnalnya yang berjudul “Social  Network  Sites:  Definition, History  and  Scholarship” bahwa media sosial  merupakan  suatu  hal  yang  unik,  karena  media  sosial  memungkinkan pengguna  untuk  mengartikulasikan  dan  membuat  orang lain  melihat  jaringan sosial  mereka. Hal  ini  dapat  mengakibatkan hubungan  antara individu – individu yang tidak dinyatakan dibuat-buat, dan membuat hubungan  yang laten bagi para pengguna yang saling kenal di dunia offline. (Boyd, 2007 p.3)

Perkembangan penggunaan instagram tersebut secara tidak langsung diikuti dengan munculnya trend gaya hidup baru, contohnya semakin banyak pengguna yang mengekspos kegiatan travelling, foto-foto destinasi wisata maka meningkat pula jumlah ketertarikan masyarakat dalam melakukan kegiatan travelling. Trend gaya hidup sendiri seringkali muncul dari sesuatu yang diperbincangkan, semakin viral suatu unggahan di instagram maka semakin kuat juga pengaruhnya terhadap munculnya gaya hidup baru. Sehingga dapat dikatakan bahwa salah satu penentu trend gaya hidup belakangan makin berkiblat pada dinamisme unggahan visual di instagram.

Referensi

http://www.esquire.co.id/article/2016/6/2975-Ketika-Instagram-Mengubah-Cara-Hidup-Masyarakat-Modern

Boyd, Danah M. And Ellison, Nicole B.  (2007). Social Network  Sites:  definition, History and Scholarship, Journal of Computer-mediated Communication