INSTAGRAM DAN GAYA HIDUP
Galuh A. Savitri, S.I.Kom, M.I.Kom
Sosial media bukan lagi menjadi hal asing di berbagai kalangan masyarakat. Sejak internet merajai dunia telekomunikasi, sosial media merupakan salah satu platform yang banyak digunakan oleh masyarakat. Di Indonesia sendiri, pengguna sosial media terbesar adalah anak-anak dan remaja. Merujuk dari artikel berjudul “Ketika Instagram Mengubah Cara Hidup Masyarakat Modern” (Ferdian, 2016) yang menjelaskan bahwa Instagram telah banyak mengubah cara pandang masyarakat modern dalam menanggapi berbagai isu kontemporer, dengan fasilitas yang tidak sekompleks Facebook dan tidak sesingkat Twitter, namun kaya akan visual yang dinamis, membuat Instagram melenggang sebagai idola baru di ranah media sosial.
Instagram yang berkembang begitu pesat dengan fitur visualnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna sosial media. Berbagai foto dan video diunggah dengan berbagai tema mulai dari foto diri, makanan, hobi, pemandangan, dan dengan berbagai teknik editing, seolah-olah setiap penggunanya berlomba-lomba untuk membuat feeds paling menarik diantara yang lain.
Tak dapat dipungkiri bahwa instagram kini telah menjadi salah satu ‘album foto terbuka’ yang memungkinkan orang ter-influence dengan foto-foto yang diunggah dalam suatu akun instagram. Seperti yang dituliskan oleh Boyd dan Elison dalam jurnalnya yang berjudul “Social Network Sites: Definition, History and Scholarship” bahwa media sosial merupakan suatu hal yang unik, karena media sosial memungkinkan pengguna untuk mengartikulasikan dan membuat orang lain melihat jaringan sosial mereka. Hal ini dapat mengakibatkan hubungan antara individu – individu yang tidak dinyatakan dibuat-buat, dan membuat hubungan yang laten bagi para pengguna yang saling kenal di dunia offline. (Boyd, 2007 p.3)
Perkembangan penggunaan instagram tersebut secara tidak langsung diikuti dengan munculnya trend gaya hidup baru, contohnya semakin banyak pengguna yang mengekspos kegiatan travelling, foto-foto destinasi wisata maka meningkat pula jumlah ketertarikan masyarakat dalam melakukan kegiatan travelling. Trend gaya hidup sendiri seringkali muncul dari sesuatu yang diperbincangkan, semakin viral suatu unggahan di instagram maka semakin kuat juga pengaruhnya terhadap munculnya gaya hidup baru. Sehingga dapat dikatakan bahwa salah satu penentu trend gaya hidup belakangan makin berkiblat pada dinamisme unggahan visual di instagram.
Referensi
http://www.esquire.co.id/article/2016/6/2975-Ketika-Instagram-Mengubah-Cara-Hidup-Masyarakat-Modern
Boyd, Danah M. And Ellison, Nicole B. (2007). Social Network Sites: definition, History and Scholarship, Journal of Computer-mediated Communication
Comments :