Oleh: Agung Purnomo S.P., M.A.B.

 

Dunia bisnis, wirausaha dan pendidikan memiliki koneksi dan titik temu melalui edupreneur. Edupreneur atau educational entrepreneur berasal dari 2 kata yaitu education bermakna pendidikan dan entrepreneur bermakna pengusaha atau wirasahawan. Ada juga yang menyamakan istilah edupreneur dengan istilah teacherpreneur. Edupreneur dapat dimaknai dari beberapa perspektif yaitu:

  1. Edupreneur sebagai praktek wirausaha di bidang pendidikan, meskipun beliau bukanlah seorang pendidik atau guru. Seorang pengusaha atau perusahaan yang bergerak di sektor pendidikan.

Edupreneur adalah wiraswasta di bidang pendidikan; seseorang yang mengatur dan menjalankan bisnis atau bisnis (memperbaiki atau memajukan pendidikan), mengambil risiko lebih besar dari biasanya untuk melakukannya. Sungguh dibutuhkan semua dorongan, inovasi, dan semangat yang luar biasa untuk menciptakan sebuah bisnis pendidikan yang dapat menggerakkan ekonomi di era sekarang dan masa mendatang [1].

  1. Edupreneur merupakan pengajar yang mengaplikasikan konsep wirausaha dalam proses pembelajaran. Seorang atau institusi pendidikan yang menjalankan prinsip wirausaha yang baik demi suksesnya pendidikan.

Edupreneur adalah seseorang yang telah berprofesi sebagai pendidik bahkan sebelum mengorganisir sebuah bisnis yang berkaitan dengan pendidikan dan telah menginvestasikan waktu, energi, dan modal untuk menciptakan, mengembangkan, dan memasarkan program, produk, layanan, atau teknologi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pembelajaran [2].

  1. Edupreneur adalah pendidik yang melaksanakan pengajaran dengan membiayai sekolah mereka sendiri. Beberapa guru telah meninggalkan sistem pendidikan yang mapan karena beberapa alasan, yaitu karena telah menemukan spesialisasi dan hasrat dalam pendidikan. Beberapa guru tersebut melayani kelompok, individu, dan bahkan komunitas yang bebas, terbuka, besar. Mereka mempersonalisasi pengalaman belajar untuk para siswa, mencari nafkah, dan membayarnya ke depan dengan membantu orang lain. Banyak edupreneur bekerja secara online, di mana mereka bisa membangun jaringan siswa dan guru. Mereka dapat memilih untuk melakukan pekerjaan sukarela, membuat perbedaan, mempublikasikan karya inspiratif di situs web mereka dan tetap mendapatkan kehidupan yang sehat [3].

[1] EdTech Digest. 2017. 50 Most Innovative Edupreneurs. https://edtechdigest.wordpress.com/lists/50-fascinating-edupreneurs/

[2] Charles W. Lavaroni, M.S. & Donald E. Leisey. 2011. The Edupreneur. http://www.edentrepreneurs.org/edupreneur.php

[3] Sylvia Guinan. 2015. Edupreneurs – Creating A New Wave of Disruption In Education. https://blog.wiziq.com/edupreneurs-creating-a-new-wave-of-disruption-in-education/