Oleh: Dr. Kukuh Lukiyanto

 

Masih terkait dengan moment lebaran, dalam tradisi mudik kita akan bertemu banyak orang. Diantara mereka ada orang yang sudah kita kenal seperti : saudara, teman sekolah, atau teman sepermainan yang lama tidak bertemu. Ada juga tentu mereka yang baru kita kenal saat itu, seperti istri atau suami dari mereka yang kita sudah kenal dan lain sebagainya. Menghadapi mereka ini kadang kita sebagai entrepreneur (terutama yang pemula) merasa minder atau kurang percaya diri, apalagi kalau melihat mereka sepertinya berada diposisi ekonomi jauh diatas kita.

Sikap dan perasaan seperti diatas adalah sikap yang salah dari seorang entrepreneur, justru sebagai entrepreneur kita harus memanfaatkan setiap moment untuk memperkenalkan usaha kita. Bertemu orang-orang baru adalah harapan bagi seorang entrepreneur untuk dapat menjalankan tugas sebagai marketer. Seperti sudah kita ketahui, seorang entrepreneur harus mampu menjadi seorang marketer, menjalankan proses produksi, mampu mengelola keuangan dan administrasi usahanya sendiri. Moment bertemu banyak orang adalah moment seorang entrepreneur menjalankan fungsi marketer.

Selama ini orang lain mungkin tidak tahu apa usaha kita, dengan memperkenalkan usaha kepada orang lain yang kita temui, sama artinya kita menjaring customer baru. Dalam hal ini tidak selalu harus menjual produk, bisa saja hanya memperkenalkan bahwa kita punya satu usaha. Respon dari orang yang diberitahu bisa kita pakai sebagai dasar untuk melakukan proses selanjutnya, apakah perlu mempromosikan produk kita atau bahkan mengarah kepada upaya menarik mereka untuk membeli produk kita. Tetapi apaun respon mereka, sebenarnya kita sudah melakukan salah satu fungsi entrepreneur. Paradigma yang harus kita pegang adalah, kalaupun mereka tidak tertarik atau membutuhkan produk kita, mungkin suatu saat jika ada yang memerlukan mereka bisa menginformasikan kepada orang lain tentang produk itu.

Jadi kesimpulan yang bisa kita ambil adalah : seorang entrepreneur harus manfaatkan setiap kesempatan untuk memperkenalkan diri dan usahanya, karena fungsi marketer adalah melekat pada diri seorang entrepreneur.  Memperkenalkan diri tidak harus diikuti dengan berjualan, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk melakukan hal itu jika respon dari lawan bicara menunjukkan ketertarikan kepada produk kita.

Salam Sukses