People Innovation Excellence
 

Mengawali Wirausaha dengan Outsourcing & Freelancing (2/2)

Agung Purnomo

ITK BINUS Malang – Business Creation

agung.purnomo@binus.ac.id

3-7-2017

 

Ada beberapa cara untuk melakukan outsourcing & freelancing dengan berbagai tingkat anggaran dan keandalan, diantaranya melalui:

  1. Agen atau perusahaan outsourcing atau pemborong atau penyedia tenaga kerja profesional

Perusahaan yang mendukung sesuai kebutuhkan anda dan meminta mereka melakukan pekerjaan untuk anda. Perusahaan tersebut akan mencarikan karyawan untuk perusahaan anda atau melayani kebutuhan salah satu proses produksi atau jasa yang anda butuhkan.

  1. Website outsourcing dan freelancing

Contoh layanan outsourcing dan freelancing di Indonesia yang berbasis online, diantaranya : sribu.com, project.co.id, freelancer.co.id, sribulancer.com. Contoh layanan outsourcing dan freelancing tingkat internasional yang berbasis maya, diantaranya : freelancer.com, upwork.com, fiverr.com, guru.com, toptal.com, 99designs.com. Di web tersebut anda akan memposting kebutuhan anda dan meminta perusahaan atau freelancer individu untuk mengerjakan kebutuhan anda. Anda dapat memposting sebuah proyek dalam semalam dan menemukan orang yang tepat dengan tawaran pertama atau anda bisa menunggu sepanjang minggu dan masih merasa tidak ada yang cocok untuk pekerjaan itu. Ketika ada orang yang menawarkan diri untuk membantu proyek anda, anda dapat melihat portofolio dan kinerja orang tersebut. Sebagai pertimbangan apakah anda menerima atau menolak penawaran dia.

Berikut beberapa manfaat outsourcing & freelancing bagi pengusaha pemula, diantaranya:

  1. Bayar sesuai spesifikasi hasil kerja

Jika anda seorang pengusaha yang hanya memerlukan seseorang untuk membantu tugas khusus atau untuk proyek yang sangat spesifik, maka pekerjaan outsourcing memungkinkan anda menyelesaikan lebih banyak, sementara anda hanya membayar sejumlah sumber daya yang benar-benar anda butuhkan atau sesuai hasil kerja outsourcing-freelancing. Daripada membayar karyawan tetap hanya untuk mendesain logo atau website, lebih baik membayar freelance atau outsourcing.

  1. Online & dimana saja

Outsourcing bisa dilakukan melalui web atau online, tanpa perlu bertatap muka sehingga bisa dimana saja dan kapan saja. Tim outsourcing anda dapat berbasis di manapun di dunia dan selama anda dapat mengkomunikasikan pekerjaan dengan efisien, Anda dapat sering melakukan outsourcing pekerjaan pada atau bahkan di atas tarif lokal mereka sambil tetap menabung uang secara komparatif untuk merekrut di pasar Anda sendiri. Anda dapat memposting beberapa pekerjaan melalui situs outsourcing-freelancing dan membayar biaya untuk memiliki pilihan yang bekerja untuk mengembangkan beberapa ide jadi. Sehingga anda tahu persis apa yang anda dapatkan dan cukup membayar hasil terbaik dari pilihan Anda. Apapun bidang keahlian yang anda cari mungkin juga memiliki beberapa papan pekerjaan di mana anda dapat memposting proyek anda jika anda dapat menemukannya.

  1. Tenaga ahli tanpa biaya kantor

Ini bukan hanya tentang peningkatan kapasitas. Anda juga bisa mempekerjakan orang-orang yang jauh lebih terampil daripada anda di area tertentu dan keindahan online outsourcing adalah mereka akan bekerja tanpa lelah dalam proyek Anda di lingkungan mereka sendiri. Sehingga anda hanya perlu mendanai karya itu sendiri. Bukan ruang kantor dan biaya tetap lainnya.

Memilih jenis pekerjaan yang akan anda outsource akan bervariasi tergantung pada bisnis anda. Namun hal yang umum adalah logo, website, product knowledge, dan pemrograman sistem bisnis. Sementara anda tidak perlu melakukan pekerjaan itu sendiri, Anda tetap harus mengelola menemukan orang yang tepat dan memastikan anda telah memberikan detail yang cukup di setiap tahap. Oleh karena itu, yang terbaik adalah melakukan outsourcing proyek di mana anda bisa mendapatkan keuntungan dari seseorang yang lebih terampil daripada anda atau saat dibutuhkan waktu penyelesaian proyek akan jauh lebih tinggi daripada waktu yang diperlukan untuk mengelola proyek. Dengan demikian, memulai wirausaha dengan outsourcing dan freelancing bisa menjadi opsi strategi dan operasional bisnis yang menarik dan menguntungkan untuk diimplementasikan.

Referensi:

Anna Johansson. 2015. The 15 Best Freelance Websites to Find Jobs. https://www.entrepreneur.com/article/245953

Daniel McClure. 2017. Getting Started With Outsourcing. https://themodernentrepreneur.com/start-outsourcing/

Investopedia. 2017. Outsourcing. http://www.investopedia.com/terms/o/outsourcing.asp

Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close