People Innovation Excellence
 

Teknologi Mendekatkan yang Jauh

Oleh: Riesta Devi Kumalasari, S.E.,M.M.

 

Pernahkah terpikir di benak Anda bahwa ada saatnya hal-hal yang berbau konvensional akan digantikan dengan sesuatu yang berhubungan dengan kecanggihan. Bisa kita lihat saat ini mayoritas penduduk di Indonesia sudah menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi mereka. Jumlah rata-rata pengguna smartphone di Indonesia kurang lebih mencapai 100 juta pengguna. Atas dasar inilah Indonesia menempati posisi nomor lima sebagai negara dengan pengguna smartphone terbanyak dalam tiga tahun terakhir ini. Seandainya kita bisa mengetahui rata-rata pemanfaatan smartphone mereka sehari-hari apakah sudah maksimal atau belum, dalam artian hanya digunakan untuk bermain game online saja, melakukan aktivitas chatting di sosial media, ataukah hanya dimanfaatkan sebagai sarana telepon dan sms saja. Menurut saya itu adalah hal yang paling disayangkan, khususnya bagi generasi muda yang mengatakan bahwa dirinya ingin sukses sebelum umur 30 tahun. Sebenarnya banyak sekali hal menguntungkan yang dapat dilakukan dan dimaksimalkan aktivitasnya dengan menggunakan smartphone mereka.

Berbicara masalah pemanfaatan smartphone, jika ditinjau dari segi marketing merupakan salah satu strategi termutakhir untuk mempromosikan produk-produk mereka. Para pengusaha online yang bisa memanfaatkan penuh fitur-fitur pada smartphone yang mereka miliki dapat memperoleh lebih banyak pelanggan dibandingkan dengan  pengusaha offline yang menggunakan cara-cara konvensional seperti direct selling dan flyering. Sistem pemasaran yang digunakan oleh pengusaha online ini disebut dengan online marketing. Dalam perjalanannya, online marketing menjadi media yang marak untuk digunakan pleh para pebisnis yang tidak memiliki cukup waktu dan modal untuk melakukan marketingnya secara offline. Biasanya, media online yang digunakan untuk melakukan online marketing adalah facebook, Instagram, web, dll. Semua itu juga berkat adanya kemajuan teknologi yang ada. Tidak perlu lagi connect PC untuk melakukan online marketing, hanya dengan smartphone yang Anda miliki, selesai sudah semua masalah dan keuntungannya juga bisa lebih dekat dengan pelanggan pula. So, mau mencoba bagi yang belum memulai bisnis online? Saya sarankan segera mulailah karena dengan teknologi dapat mendekatkan yang jauh.

Referensi:

https://autotekno.sindonews.com/read/1163646/122/pengguna-smartphone-di-indonesia-terbesar-ke-5-di-dunia-1481947939

http://www.kompasiana.com/faztrack/online-marketing-strategi-marketing-modern_552b84646ea834d97b8b45a1

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close