Agung Purnomo

ITK BINUS Malang – Business Creation

agung.purnomo@binus.ac.id

4-7-2017

 

Alat analisis website (website analytics tool) yang paling sering digunakan adalah Google Analytics. Selain itu, ada clicky, mint, church analytics, kissmetrics, open web analytics, clicktale, histats, crazyegg, piwik, cloudflare dst. Alat analisis website tersedia gratis, freemium atau berbayar.

Analisis Website sering digunakan sebagai bagian dari analisis manajemen hubungan pelanggan (Customer Relation Management). Analisis CRM tersebut dapat mencakup penentuan kemungkinan bahwa pelanggan tertentu akan membeli kembali produk setelah membelinya di masa lalu, mempersonalisasi situs tersebut kepada pelanggan yang mengunjunginya berulang kali, memantau jumlah pembelian yang dilakukan oleh pelanggan individual atau oleh kelompok pelanggan tertentu, Mengamati wilayah geografis dari mana sebagian besar dan paling sedikit pelanggan mengunjungi situs dan membeli produk tertentu, dan memprediksi produk pelanggan mana yang paling dan paling tidak mungkin untuk membeli di masa depan. Tujuannya adalah untuk mempromosikan produk tertentu kepada pelanggan yang paling mungkin membelinya, dan untuk menentukan produk mana yang paling mungkin dibeli oleh pelanggan tertentu. Hal ini dapat membantu meningkatkan rasio pendapatan terhadap biaya pemasaran.

Analisis Website juga mencakup pelacakan perilaku klik-tayang dan drilldown pelanggan di dalam situs Web, menentukan situs dari mana pelanggan paling sering tiba, dan berkomunikasi dengan browser untuk melacak dan menganalisis perilaku online. Hasil analisis Website disediakan dalam bentuk tabel dan grafik.

Sudahkah website bisnis anda memasang analisis website ?. Jika sudah, apakah anda benar-benar menggali data dan menggunakannya untuk mengembangkan bisnis anda?.

Referensi:

Daniel McClure. 2017. Why You Need Website Analytics For Your Business. https://themodernentrepreneur.com/website-analytics/

Gregory Ciotti. 2017. Best Web Analytics. http://www.sparringmind.com/best-web-analytics/

Techopedia. 2017. Web Analytics. https://www.techopedia.com/definition/1619/web-analytics

Techtarget. 2005. Web Analytics. http://searchcrm.techtarget.com/definition/Web-analytics