People Innovation Excellence
 

GENERASI PENGGERAK BISNIS DIGITAL DI INDONESIA

Di dunia saat ini mengenal 6 karakter generasi yaitu Generasi Veteran, Generasi Baby Boomers, Generasi X, Generasi Y (Millenial), Generasi Z, Generasi Alpha. 5 generasi ini mengelompokkan beberapa umur umat manusia yaitu Generasi veteran (1925-1945), Generasi Baby Boomers (1946-1960), Generasi X (1961-1980), Generasi Y (1981-1994/1999), Generasi Z (1995/2000 – 2010) dan Generasi Alpha (2011-2024). Pengelompokan generasi ini dibuat untuk menjelaskan karakteristik umat manusia yang lahir pada masing masing kelompok umur. Namun generasi yang mahir dalam bidang teknologi yaitu mulai dari generasi Y, generasi Z. Sebagai Contoh yaitu Nadiem Anwar Makarim CEO dan Founder dari GoJek merupakan kelahiran Singapura, 4 Juli 1984. Di umurnya yang ke 34 tahun Nadiem Makarim memiliki kekayaan sekitar $100 Juta atau setara Rp 1,4 Triliun, selain Nadiem Makarim ada juga beberapa tokoh generasi millenial Indonesia yang memiliki bisnis yang bergerak dibidang digital startup seperti Achmad Zaky CEO Bukalapak dengan kekayaan $105 Juta atau setara Rp 1,5 Triliun, William Tanuwijaya lulusan Bina Nusantara University CEO Tokopedia dengan kekayaan $130 Juta atau setara Rp 1,8 Triliun dan Ferry Unardi CEO Traveloka dengan kekayaan $145 Juta atau setara Rp 2 Triliun. Mereka semua adalah kelahiran tahun 1980an atau Generasi Y (Millenial).

 

 

 

 

 

Generasi Y terkenal dengan cepatnya mengenal dan mempelajari teknologi. Umumnya generasi ini mencari masalah yang ada disekitar masyarakat dan menyalurkan solusi mereka dengan produk digital yang mereka rancang. Menurut Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia dan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) jumlah generasi milenial pada tahun 2017 menyentuh angka 88 Juta Jiwa atau 33,75% dari total penduduk Indonesia dan Generasi inilah yang akan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Melihat jumlah penduduk Indonesia yang digenerasi millenial ini dapat menjadi pelaku pelaku bisnis digital yang kreatif, inovatif, dan pastinya bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Namun hal ini perlu adanya dukungan dari pemerintah atau institusi yang dapat memberikan penyuluhan tentang pentingnya bisnis digital pada saat ini. Karena beberapa tahun kedepan bisnis digital akan menjadi salah satu dari faktor pemasukan uang negara.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close