5 Alasan Memilih Kuliah di Jurusan Business Management

Business Management atau Manajemen Bisnis adalah jurusan kuliah yang banyak peminatnya. Salah satu alasannya adalah karena prospek kerja yang bagus. Tidak hanya soal jumlah gaji, tetapi juga employability yang tinggi di berbagai bidang.

Namun, tentu saja ada banyak tantangan kalau mau kuliah di jurusan ini, mulai dari persaingan ketat untuk masuk universitas unggulan hingga beban belajarnya yang tinggi. Tantangan-tantangan ini memang cukup berat tetapi pastinya sepadan dengan hasil yang didapatkan kelak.

Nah, buat kamu yang masih galau apakah akan kuliah di jurusan Business Management, 5 alasan berikut mungkin bisa meyakinkanmu.

Keterampilan yang Universal

Salah satu keunggulan lain dari jurusan Manajemen Bisnis adalah lulusannya memiliki kemampuan untuk menguasai berbagai bidang. Ini karena jurusan Business Management memberikan pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar bisnis yang meliputi manajemen SDM, pemasaran, keuangan, dan operasional. 

Jadi, di Manajemen Bisnis, kamu tidak hanya belajar manajemen tetapi juga cara mengelola tim, merencanakan strategi bisnis, mengambil keputusan yang efektif, dan menghadapi tantangan bisnis.  Keterampilan yang diperoleh ini dapat diterapkan di berbagai industri dan sektor. Alhasil, lulusan Manajemen Bisnis bisa ditemui di industri apa pun hingga terbilang serba bisa.

Prospek Kerja Bagus dengan Gaji Tinggi

Dengan keterampilan yang universal, kamu akan memiliki peluang karier yang luas karena bisa melamar kerja di berbagai sektor. Kamu bisa menjadi manajer proyek, manajer HR, analis keuangan, pengusaha, konsultan bisnis, dan masih banyak lagi. Peluang-peluang ini tidak hanya tersedia di perusahaan besar tetapi juga di perusahaan kecil dan startup.

Apalagi, lulusan Business Management sering kali mendapatkan gaji yang kompetitif, terutama jika mereka memiliki pengalaman dan keterampilan yang relevan. Gaji yang dapat diperoleh bisa mencapai puluhan juta rupiah, lho.

Mengasah Soft Skill yang Berguna untuk Kehidupan Sehari-hari

Selain aspek akademis, kuliah di jurusan Manajemen Bisnis juga dapat membantumu mengembangkan soft skill. Kamu akan belajar tentang tanggung jawab, analisis masalah, kepemimpinan, dan keterampilan komunikasi yang efektif. Semuanya sangat berguna dalam dunia kerja maupun kehidupan sehari-hari.

Bekal Menjadi Pengusaha

Buat kamu yang ingin menjadi pengusaha, kuliah di jurusan Manajemen Bisnis adalah langkah yang tepat. Ilmu yang kamu dapatkan akan membantumu memahami aspek manajemen dalam bisnis dan mempersiapkan diri untuk menjadi pengusaha yang andal.

Di jurusan ini, kamu akan belajar bagaimana membangun dan mengelola bisnismu sendiri. Kamu juga akan belajar mengatasi hambatan-hambatan yang mungkin muncul dan mengembangkan strategi untuk membangun bisnis yang sukses.

Wawasan Global dan Jaringan yang Luas

Jurusan Business Management juga membantumu memahami dinamika bisnis di tingkat internasional. Pasalnya jurusan ini memang mencakup mata kuliah yang membahas bisnis internasional dan isu-isu global.

Di samping itu, selama studi di jurusan Business Management, kamu akan memiliki kesempatan untuk membangun jaringan dengan dosen dan rekan-rekan studi yang memiliki minat serupa. Networking ini bisa sangat berharga dalam mencari pekerjaan atau berkolaborasi di proyek bisnis kelak.

Bahkan, kamu juga bisa membangun networking di kancah global jika kampus menawarkan internationalization program, seperti di BINUS @Bekasi. Di sini, mahasiswa tidak hanya memperoleh pembelajaran interaktif yang didukung oleh fasilitas modern seperti Integrated Learning Management System dan Digital Library. Namun, mereka juga berkesempatan mendapatkan pengalaman belajar di kampus-kampus BINUS di kota berbeda serta study abroad

Melalui Program (2+1)+1 mahasiswa bisa kuliah 2 tahun di kampus asal, 1 tahun di kampus lain, dan kuliah 1 tahun di luar negeri. Di samping itu, BINUS juga menyediakan global opportunities melalui program lainnya, seperti student exchange, international seminar, internship abroad, dan banyak lagi.