social media : Content Creator di Era Digital untuk Gen-Z!

Istilah profesi “content creator” yang marak diminati oleh Gen Z di zaman digital ini dapat diartikan sebagai seorang pembuat konten. Singkatnya, definisi content creator adalah seseorang yang membuat sebuah informasi atau karya untuk disebarluaskan melalui media digital. Isi dari konten yang diunggah pun tujuan dan bentuknya beragam, seperti tulisan, musik atau suara, gambar, foto, maupun video. Mengingat kini perkembangan teknologi sangatlah pesat dan telah menginjak era digital, dimana semua kegiatan penting dapat dilakukan dengan lebih canggih dan secara digital, profesi konten kreator sering kali dibutuhkan oleh sebuah perusahaan yang hendak menyebarluaskan informasi atau sekadar ingin memperkenalkan perusahaannya melalui konten-konten yang menarik.

Ideas : Content Creator di Era Digital untuk Gen-Z!

Content Creator selalu dikaitkan dengan media dan jejaring sosial, sesuatu yang digital, hal atau karya yang menarik dan kreatif, serta profesi yang menggunakan banyak media. Namun, content creator kini banyak dibutuhkan sebagai bagian marketing dalam suatu perusahaan atau brand karena sebuah konten diperlukan untuk memenuhi beberapa aspek bagi perusahaan, seperti SEO dan target audiens. Dengan bantuan peran konten kreator, sebuah perusahaan dapat memproduksi konten yang menarik secara konsisten untuk meningkatkan brand marketing dan pemasarannya.  Peran konten kreator biasanya didukung oleh seseorang yang dapat berpikir secara kreatif dan mengerti akan pemasaran suatu hal. Konten yang dihasilkan untuk sebuah perusahaan dapat memberikan refleksi dari persona perusahaan tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa kemampuan yang dapat menunjang performa seorang konten kreator supaya dapat menghasilkan karya dan konten sebaik mungkin untuk perusahaannya.

Concept Content Creator di Era Digital untuk Gen-Z!

Untuk menggeluti bidang ini, seseorang diharuskan untuk memiliki softskills yang baik, seperti adaptability, collaboration, creativity, curiosity, dan emotional intelligence (EI). Selain itu, kemampuan yang sebaiknya dimiliki meliputi video and photography, writing and storytelling, audio, SEO and content strategy, serta marketing. Secara garis besar materi atau pembelajaran yang diperlukan untuk menguasai kemampuan tersebut dapat diasah melalui program Creative Communication yang terdapat di BINUS University @Bekasi! Program ini menawarkan pembelajaran berbasis project yang terfokus kepada pengetahuan dan keahlian dalam mengkombinasikan ide yang sudah ada dengan ide baru untuk dikemas dalam sebuah konten. Dalam konten yang dirancang tersebut, mahasiswa akan diajarkan untuk bagaimana cara  memadukan teks, gambar, gambar bergerak dan suara, dengan memanfaatkan platform digital untuk kampanye sebuah perusahaan atau brand. Ayo gabung ke Program Creative Communication di BINUS University @Bekasi!