By Pandu Wicaksono

Sumber: gethired.id

Apa yang membuat seseorang menjadi programmer yang baik? Ini merupakan pertanyaan menarik jika ditanyakan kepada diri seorang programmer. Sangat penting bagi seorang programmer untuk menyadari bahwa coding adalah dasar dari kesuksesan mereka, tetapi masih banyak hal lain yang menjadikan seorang programmer yang baik.

Seorang programmer yang baik sangat jarang ditemui. Menurut buku “The Mythical Man- Month” seorang programmer yang baik (good) memiliki produktivitas 3 kali lebih baik jika dibandingkan dengan programmer yang biasa (average) dan 10 kali lebih baik jika dibandingkan dengan programmer yang buruk (bad). 1% programmer teratas di dunia tidak hanya menulis code yang solid tetapi juga memiliki kebiasaan yang berbeda dari programmer lainnya.

Sumber: unpas.ac.id

Berikut adalah beberapa skills dan kebiasaan yang harus dimiliki oleh seorang programmer yang baik, diantaranya:

  1. Bersikap positif

Programmer yang baik akan selalu peduli dengan project yang sedang dikembangkannya. Dia akan memberikan usaha terbaik dalam mengerjakan sebuah project hingga selesai dan berjalan lancar. Programmer yang hebat tidak akan membiarkan ego mereka menghalangi dalam mengerjakan sebuah project.

  1. Problem Solving

Dalam programming sebagian besar waktu akan digunakan untuk memecahkan sebuah masalah. Pemrogram yang baik mampu membagi masalah menjadi komponen yang lebih kecil sampai masalah dapat diselesaikan dengan mudah. Tapi hanya datang dengan solusi untuk masalah ini tidak cukup. Seorang pemrogram yang terampil mampu mencari cara untuk merepresentasikan masalah sedemikian rupa sehingga perangkat lunak yang dihasilkan mudah dipahami, mudah digunakan, dan mudah diuji.

  1. Kemauan untuk belajar

Ketika teknologi terus berubah, ini adalah sifat penting yang sering diabaikan oleh programmer. Kemampuan dan karakteristik yang dimiliki programmer yang sekarang dapat segera menjadi usang. Sangat penting bagi programmer untuk memiliki minat yang besar untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Selain itu, hal ini juga sangat penting karena dapat meningkatkan peluang dan bersaing dalam dunia kerja.

  1. Team Player

Good programmer dapat membantu programmer lain agar dapat menjadi good programmer lainnya adalah kebiasaan lain yang harus dimiliki. Mereka membantu rekan

satu tim ketika mereka terhambat, memberikan pengetahuan baru kepada orang lain, dan memberikan dokumentasi yang akan berguna bagi rekan satu tim baik di dalam perusahaan mereka maupun di seluruh komunitas antar programmer. Mereka juga harus mampu menangani dinamika interpersonal yang halus dalam bekerja dalam tim yang beragam dan, jika perlu dapat menyelesaikan konflik secara damai.

 

Semua skills dan kebiasaan di atas bersifat umum, tidak ada yang khusus untuk satu bahasa program, framework, atau teknologi apa pun. Jika seorang programmer memilikinya, maka dia dapat dengan cepat mempelajari bahasa atau tools baru, dan menulis kode perangkat lunak yang bagus di lingkungan tersebut. Selain itu, karena sifatnya umum, skills dan kebiasaan ini tidak akan menjadi usang dalam beberapa tahun. Sebagai penutup, ingatlah bahwa menjadi programmer yang baik adalah perjalanan tanpa akhir, di mana kualitas dan kebiasaan yang baik selalu bernilai, tidak peduli seberapa cepat teknologi berubah.

Sumber: www.domainesia.com

Referensi

Frederick P. Brooks. 1978. The Mythical Man-Month: Essays on Softw (1st. ed.). Addison-Wesley Longman Publishing Co., Inc., USA.

Fintelics. (2021, June 1). What Makes A Great Programmer? How You Can Become A Better Programmer. Retrieved from Medium: https://fintelics.medium.com/what-makes-a-great-programmer-how- you-can-become-a-better-programmer-2fe00ffc423

Rocus, J. (n.d.). 16 Characteristics of a Good Programmer. Retrieved from Jorcus Blog: https://blog.jorcus.com/characteristics-of-a-good-programmer/

Scalable Path. (n.d.). 7 Qualities of Great Programmers. Retrieved from Scalable Path: https://www.scalablepath.com/hiring/7-qualities-of-great-programmers

Warne, H. (2014, June 30). What Makes a Good Programmer? Retrieved from Henrik Warne’s blog: https://henrikwarne.com/2014/06/30/what-makes-a-good-programmer/

 

Becoming a Top-Grade Programmer : Key Traits

BINUS @Bekasi