Talkshow atau gelar wicara, merupakan sebuah kegiatan berkelompok atau lebih dari satu orang untuk berdiskusi mengenai suatu topik tertentu yang dipandu oleh seseorang yang disebut dengan moderator. Moderator sendiri adalah seseorang yang berperan sebagai penghubung antara audiens dengan narasumber, bahkan istilah moderator berarti  seseorang yang bertindak sebagai “jembatan”, penengah, pemandu, atau pengendali dalam sebuah acara. Biasanya, talkshow membahas seputar tema atau topik yang sedang hangat dibicarakan atau yang berkaitan dengan isi suatu acara. Talkshow umumnya berdurasi sekitar 60-90 menit, tergantung pada topik atau tema yang sedang dibahas dan pemaparan materi dari narasumber.

Di BINUS University @Bekasi, kegiatan talkshow cukup sering diadakan. Biasanya, kegiatan talkshow ini terbalut menjadi sebuah bagian agenda dari rangkaian acara atau event utama, contohnya, untuk acara atau event terbaru belakangan ini, seperti Welcome Back to Campus (WB2C). Dalam acara WB2C tersebut diawali dengan sesi talkshow “NGOTOT: Ngobrol Bareng Pak Gatot.” yang dinarasumberi langsung oleh Gatot Soepriyanto, S.E.,Ak.,M.Buss (Acc).,Ph.D.,CA.,CFE., selaku Direktur Kampus BINUS @Bekasi, yang berisi pembahasan dua arah mengenai fasilitas di BINUS University @Bekasi yang mungkin perlu ditingkatkan atau diperbarui. Tujuan dari diadakannya sesi talkshow ini adalah supaya mahasiswa dapat lebih mengetahui informasi terbaru mengenai fasilitas kampus.

Secara garis besar, tujuan dari diadakannya talkshow adalah untuk mendiskusikan sebuah topik atau informasi dari sebuah kegiatan tertentu. Kegiatan talkshow ini penting guna bertukar informasi yang diperlukan oleh audiens. Selain itu, talkshow juga biasanya menghadirkan narasumber yang aktual terkait suatu topik pembahasan, sehingga informasi yang didapatkan juga dipastikan valid atau dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, BINUS @Bekasi hampir selalu melibatkan agenda talkshow ke dalam rangkaian acara di suatu event, agar selain melaksanakan kegiatan lapangannya, audiens juga mendapatkan kesempatan untuk memperoleh teori atau materi untuk didiskusikan bersama dari event tersebut.

Talkshow Gatot