Ini Keahlian yang Dimiliki Lulusan Jurusan Psikologi

Psikologi menjadi salah satu jurusan dengan pilihan karier yang begitu beragam. Tak hanya menjadi terapis atau psikolog, alumni atau lulusan jurusan Ilmu Psikologi juga dapat berkarier sebagai HRD, guru Bimbingan Konseling, Research and Development, pendamping anak-anak dengan kebutuhan khusus, dan profiler. Pilihan bidang kerja yang begitu menarik, bukan?

Namun, masih kerap muncul pertanyaan, apa saja sebenarnya keahlian yang nantinya didapatkan setelah lulus dan menjadi alumni jurusan Psikologi? Apakah hanya menjadi seseorang yang dapat membaca karakter orang lain? 

Keahlian yang Dimiliki Lulusan Psikologi

Sama halnya dengan jurusan lain, Psikologi juga menawarkan banyak ilmu dan keterampilan yang pastinya bisa mendukung semua mahasiswa untuk bisa memiliki daya saing tinggi pada lingkup kerja global. Berikut keahlian yang bisa kamu dapatkan sebagai lulusan jurusan Psikologi nantinya:

1. Mempelajari Kepribadian dan Perilaku Seseorang

Psikologi merupakan bidang ilmu yang belajar tentang tingkah laku manusia. Tak heran kalau kamu akan mendapatkan mata kuliah dasar psikologi di semester awal, seperti sejarah psikologi, tokoh yang berperan, aliran dan jenisnya, serta seputar kepribadian. 

Selain itu, kamu juga belajar tentang perkembangan manusia dari semua sisi. Misalnya, sisi motorik, sosial, dan emosi manusia dari lahir hingga menua. Jadi, kamu belajar tentang manusia secara ilmiah, bukan seperti membaca pikiran bahkan meramal.

2. Mempelajari Kaitan antara Perilaku, Perasaan, dan Pikiran

Kalau satu ini akan kamu pelajari saat kuliah emosi dan kognisi. Singkatnya, emosi menjadi perasaan manusia, sedangkan kognisi merupakan pikiran. Melalui mata kuliah ini, kamu akan mendapatkan pemahaman bahwa pikiran dapat menciptakan perilaku dan emosi tertentu. Bidang ilmu ini tidak terlepas dari atensi, memori, dan semua aspek yang ada kaitannya dengan perasaan, perilaku, dan pikiran. 

3. Mengetahui Tipe Masalah Kesehatan Mental

Keahlian lainnya yang kamu dapatkan adalah mampu mengenali jenis gangguan kesehatan mental. Ruang lingkupnya mengarah pada penyebab, ciri dan karakteristiknya, gejala, dan bagaimana penanganannya. Jika kamu tertarik untuk mendalami ilmu ini, kamu bisa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu pascasarjana dan mengambil gelar profesi. Selanjutnya, kamu bisa jadi terapi maupun psikolog untuk kondisi gangguan kejiwaan.

4. Mampu Melakukan Penilaian pada Orang Lain (Asesmen)

Saat belajar di jurusan Psikologi, kamu akan mengenal suatu istilah yang namanya psikodiagnostik. Ini mengarah pada penilaian terhadap kecenderungan dari kejiwaan seseorang. Misalnya, kecenderungan kelemahan, kepribadian, atau bakat dan kemampuan yang dimiliki. Supaya bisa melakukan penilaian ini, kamu harus mempelajari seputar wawancara, instrumen tes psikologi, dan melakukan observasi. 

Selanjutnya, kamu bisa memakai kemampuan ini untuk melakukan wawancara terhadap calon karyawan saat berkiprah sebagai HRD di perusahaan. Selama proses wawancara, psikolog biasanya turut melakukan pengamatan. Apabila memang diperlukan, psikolog akan melakukan serangkaian tes psikologi. 

5. Mampu Menggunakan Instrumen Pemeriksaan Psikologi

Selanjutnya, kamu akan memiliki ilmu maupun keahlian yang berhubungan dengan instrumen peralatan tes kecerdasan sekaligus memberi penilaian. Instrumen tes yang dipakai dapat berupa individu maupun klasikal untuk banyak orang. Selain itu, kamu juga belajar bagaimana memakai instrumen tes psikologi untuk mengukur tingkat kecenderungan perilaku dan kepribadian seseorang. 

Tak banyak berbeda dari tes kecerdasan, keahlian lain yang kamu dapatkan termasuk pula mengetahui bagaimana cara memakai instrumen untuk tes bakat dan minat. Setelah lulus, kamu punya kapabilitas untuk melakukan pengujian dan penilaian dengan alat tes psikologi. 

Itu tadi beberapa keahlian yang bisa kamu miliki setelah lulus dari jurusan Psikologi. Kalau tertarik untuk belajar atau berkarier sebagai lulusan jurusan Psikologi, kamu bisa daftar di BINUS UNIVERSITY kampus BINUS @Bekasi. Selain belajar berbagai ilmu Psikologi di dalam kelas, kamu juga berkesempatan untuk magang langsung di berbagai biro psikologi, perusahaan, sampai institusi pemerintahan. 

Selanjutnya, kamu bisa memilih salah satu dari tiga program peminatan jurusan Psikologi BINUS UNIVERSITY kampus BINUS @Bekasi, yaitu Psikologi Komunitas, Pendidikan, atau Organisasi. Tunggu apa lagi, yuk, kuliah Psikologi di BINUS UNIVERSITY!