IT Today adalah acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer dan Departemen Ilmu Komputer IPB dari Institut Pertanian Bogor (IPB University). IT Today memiliki rangkaian acara dengan tema yang berbeda-beda setiap tahun. Rangkaian acara tersebut berupa seminar komunitas, workshop, kompetisi, dan seminar nasional. Di tahun 2022 ini, IT Today bertema “Develop IT Skills to Face Post-Pandemic Era by Being Aware of Today’s Issues”. Pada hari Minggu, 18 September 2022, team Cipher dari BINUS UNIVERSITY dinyatakan sebagai Juara 1 kompetisi UX Today. Anggota team Cipher terdiri dari 3 mahasiswa aktif School of Information Systems BINUS UNIVERSITY, antara lain yaitu Edward Hartanto Enrico Abadi, Lisa Mega Tanto Kusumo, dan Candraswari Jauhar Malika. Team Cipher berhasil mengharumkan nama BINUS UNIVERSITY dalam kompetisi ini melalui pembuatan aplikasi bernama TALEND, yang bertujuan untuk mendukung UMKM di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, pandemi COVID-19 membawa keterpurukan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Termasuk 30 juta UMKM yang terpaksa gulung tikar karena tidak memiliki pemasukan yang cukup untuk melanjutkan usaha. Pasalnya, sektor UMKM merupakan pihak terpenting dalam perekonomian Indonesia. Hal tersebut dapat dibuktikan dari persentase kontribusi UMKM dalam PDB Nasional yang mencapai angka 62%, bahkan sektor UMKM memiliki kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada. Lalu, bagaimana Indonesia dapat menyelamatkan UMKM pasca COVID-19? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pemerintah mencetuskan rencana UMKM Go-Digital yang menargetkan digitalisasi 30 juta UMKM pada tahun 2024. Sayangnya, pemilik UMKM masih kesulitan beradaptasi karena lemahnya kemampuan strategi pemasaran digital.

Berangkat dari permasalahan tersebut, team Cipher menghadirkan aplikasi TALEND. TALEND adalah sebuah platform penghubung UMKM dengan para talent digital marketing yang siap meningkatkan pemasaran digital UMKM. Sebagai fungsi utama, aplikasi TALEND menghubungkan UMKM selaku pengguna dengan berbagai nano-mikro influencer dan digital creative freelance. Hal ini mempersingkat proses UMKM dalam mencari jasa yang sesuai tanpa harus meminta rate card, mengajukan request konten dengan mudah, pemesanan jasa pengiriman produk, dan mengunggah request jasa secara spesifik.

Selain itu pada portal nano-mikro influencer, influencers dapat mencari pekerjaan yang telah diunggah UMKM. Untuk mengambil pekerjaan, influencers diwajibkan untuk menghubungkan social media mereka. Seluruh konten influencers harus diunggah melalui aplikasi TALEND yang nantinya akan dinilai oleh fitur Content Quality Analyzer untuk menjamin kualitas konten yang seringkali menjadi permasalahan bagi para pemilik UMKM agar sesuai dengan ekspektasi mereka. Sementara itu, khusus untuk digital creative freelance, pengguna dapat mengunggah portfolio pekerjaan sebelumnya. Dengan fitur ini, UMKM dapat melihat portfolio mereka secara langsung pada profile freelance tanpa harus melakukan permintaan. Untuk menunjang bahan evaluasi individual pengguna, aplikasi TALEND juga memiliki fitur Analytic Dashboard  bagi setiap jenis pengguna untuk memantau aktivitas mereka dan bagaimana aplikasi TALEND memberi dampak terhadap mereka.

Pihak School of Information Systems BINUS UNIVERSITY berharap bahwa dengan kemenangan ini, mahasiswa lainnya dapat terinspirasi agar berani mengikuti kompetisi UX, terutama mahasiswa dari School of Information Systems. Tentunya dengan hasil kemenangan team Cipher yang mendukung UMKM ini, menunjukkan bahwa visi BINUS UNIVERSITY untuk membina dan memberdayakan masyarakat atau Fostering and Empowering telah berhasil diwujudkan melalui karya mahasiswa yang masih aktif dalam berkuliah.