Keunggulan Program Business Management BINUS University dalam Menghasilkan Lulusan yang Berkualitas dan Siap Bersaing di Era 4.0

Jakarta, 17 April 2020 – Semakin maju suatu negara semakin besar kontribusi sektor jasanya terhadap pendapatan nasional negara tersebut, artinya bahwa akan semakin besar kesempatan berkarir di perusahaan-perusahaan jasa (service businesses) dan berbisnis dalam bidang jasa (service provider). Perusahaan-perusahaan dengan nilai terbesar di dunia sekarang ini sedang didominasi oleh perusahaan-perusahaan jasa (service business). Jasa (service) telah menjadi tumpuan keunggulan bersaing berbagai perusahaan sekarang ini. Sehingga perusahaan-perusahaan manufaktur pun dituntut agar melakukan transformasi menjadi suatu perusahaan yang berorientasi jasa (servitization) jika ingin tetap bertahan dalam persaingan global. Oleh sebab itu, penguasaan prinsip-prinsip pengelolaan bisnis yang berorientasi jasa (service mindset) adalah sangat penting dan mendesak bagi perusahaan apapun sekarang ini. Penguasaan service mindset tersebut akan menjadi keunggulan bersaing yang sangat penting di masa depan, yaitu kemampuan dalam menyediakan atau mendesain solusi yang terintegrasi bagi permasalahan yang dihadapi para pelanggan. Oleh karena itu, kompetensi ini sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan agar lebih kompetitif dan berkelanjutan.

Dalam menghadapi pertumbuhan yang cepat dalam bisnis jasa (service business) tersebut di pasar global terutama dalam bidang e-commerce atau e-business dan logistik atau supply chain, maka diperlukan tenaga-tenaga profesional yang mampu mengelola dan memanfaatkan peluang-peluang bisnis dengan baik. Program Business Management membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian dalam bidang manajemen bisnis termasuk bisnis-bisnis yang berbasis online (e-commerce atau e-business) yang diperkuat dengan kompetensi kewirausahaan, teknologi informasi dan komunikasi (ICT), internasionalisasi, sustainability, supply chain, dan global service mindset. Program Business Management, BINUS University,  berupaya agar lulusannya mampu menanamkan semangat kewirausahaan dan inovasi secara berkelanjutan, menciptakan terobosan dan nilai tambah pada berbagai macam industri, mengaplikasikan teori dengan inovatif, dan dalam jangka panjang meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dan dunia.

Program Business Management, BINUS University, merupakan Program yang sudah terakreditas sebagai sekolah bisnis tingkat dunia dari AACSB. Dalam rangka membekali mahasiswa dengan hard dan soft skills yang memadai maka dalam proses perkuliahannya, Program ini didukung oleh dosen-dosen dan industrial experts yang berkualitas, fasilitas yang lengkap dan strategi-strategi pembelajaran terkini yang lebih mendorong pada proses interaktif antara dosen-mahasiswa, penerapan teknologi pembelajaran dan kesiapan para mahasiswanya dalam bekerja dan bersaing secara global. Adapun strategi pembelajaran tersebut mencakup case study, simulasi bisnis, laboratorium, pembelajaran kolaboratif, dosen tamu internasional, e-learning, kunjungan industri, personalized learning (Mata Kuliah pilihan bebas),  internationalization activities, enrichment program, dan sebagainya.

Program Business Management juga memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk memiliki sertifikat profesional bertaraf internasional dalam bidang sustainability report, retail management, dan logistics service (supply chain). Dalam pengembangan kurikulum, Program Business Management bekerja sama dengan industri, universitas, foundation, dan asosiasi profesional baik di dalam maupun di luar negeri sehingga kualitas lulusannya diakui baik secara nasional maupun international. Adapun prospek karir untuk lulusan Program Business Management BINUS antara lain, wirausaha dalam service business (service provider atau servpreneur),  Business Development atau Marketing Manager/Staff, E-Business atau E-Commerce Specialist, Logistics atau Supply Chain Manager/Analyst/Staff, Human Resource Development Manager/Staff, Operation Manager/Staff, Business Consultant, dan sebagainya.