Pada post artikel sebelumnya, tentang: Pengenalan Singkat Tentang Big Data Analytics, dikatakan bahwa data tidak berguna apabila tidak memberikan nilai bisnis, dan supaya data mampu memberikan nilai bisnis, data harus di-analisa

Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh kecil dalam penerapan analisa data dalam bisnis dan apa nilai (manfaat) bisnisnya.

Analisa tentang segmentasi pelanggan.

Problem bisnis: Pelanggan kita berada di segmen market yang mana? Apa saja karakteristik mereka?

Nilai bisnis: Untuk membuat personalisasi hubungan dengan pelanggan (customer relationship) untuk kepuasan yang lebih baik dan retensi.

Analisa tentang kecenderungan membeli.

Problem bisnis: Pelanggan mana saja yang paling cenderung merespon promosi kita?

Nilai bisnis: Untuk membuat target yang tepat pada pelanggan berdasarkan kebutuhan mereka untuk meningkatkan ‘loyalty’ mereka ke lini produk kita. Selain itu, meningkatkan efisiensi ‘campaign’ kita dengan hanya berfokus pada orang-orang yang paling cenderung untuk merespon/membeli.

Analisa tentang profitabilitas pelanggan.

Problem bisnis: Bagaimana durasi profitabilis dari pelanggan kita?

Nilai bisnis: Untuk membuat keputusan interaksi bisnis individu berdasarkan pada keseluruhan profitabilitas pelanggan kita.

Analisa tentang deteksi kecurangan.

Problem bisnis: Bagaimana kita tahu transaksi mana saja yang cenderung curang?

Nilai bisnis: Untuk menentukan dengan cepat kecurangan dan mengambil tindakan segera untuk meminimalkan kerugian.

Analisa tentang pengurangan pelanggan.

Problem bisnis: Pelanggan mana yang berisiko untuk pergi/berhenti?

Nilai bisnis: Untuk mencegah kerugian karena para pelanggan utama (pelanggan yang bernilai tinggi) pergi dan membiarkan pelanggan yang bernilai rendah saja yang pergi.

Analisa tentang optimasi channel.

Problem bisnis: Channel/saluran apa yang terbaik untuk menjangkau pelanggan kita pada masing-masing segmen?

Nilai bisnis: Digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan berdasarkan pada prefernsi mereka dan kebutuhan kita dalam mengelola biaya.