People Innovation Excellence
 

Efektivitas New Media

Media merupakan sebuah wadah atau alat dalam menyampaikan pesan atau informasi. Media konvensional yang dikenal, seperti televisi dan koran sekarang mulai ditinggalkan karena perkembangan teknologi. Telepon genggam yang fungsi sebelumnya untuk menelepon berkembang menjadi smartphone dimana semua kebutuhan yang diperlukan seorang individu diusahakan dalam satu wadah. Komunikasi jadi tidak memiliki batas dan dapat diakses dan dimiliki tidak hanya sekelompok tetapi individu. Hal ini terkadang membuat jarak terasa dekat dan jauh sekaligus.

New Media. Sumber:samuelosborne.com

New media, merupakan istilah yang digunakan untuk menyesuaikan dengan kemajuan teknologi. Terdapat dua new media yang beredar di masyarakat, media konvensional yang ditingkatkan menjadi digital atau media yang menggunakan bahan atau alat yang benar-benar baru untuk memproduksinya. Dalam produksi new media tentunya akan terasa menantang karena dipacu untuk membuat sesuatu yang baru yang menyesuaikan teknologi. Tetapi, tidak semua berpikiran sama dan masyarakat Indonesia belum seluruhnya mempercayai teknologi baru. Bahkan masih ada masyarakat yang belum tersentuh teknologi dan tidak mau berurusan dengannya.

Tetapi, new media memang digunakan oleh kebanyakan generasi muda atau istilahnya milenials. Generasi ini dianggap sebagai pengembang dan sekaligus pengguna new media. Karena itu generasi ini jugalah yang membuat isu new media menjadi pembicaraan. Dianggap sebagai kemajuan dan juga kemunduran peradaban. New media juga merupakan penanda perubahan norma dan nilai di masyarakat karena generasi yang melaksanakannya. New media terkait dengan kemajuan teknologi yang hanya mengandalkan dunia internet sebagai perantara komunikasi dan ini memberikan kelebihan untuk memperbanyak komunikasi tidak langsung dan menimbulkan banyak perubahan dalam perilaku dan kebiasaan di masyarakat milenials. Karena perbedaan inilah, timbul banyak pertanyaan dari generasi yang lebih tua dari milenials, mempertanyakan apakah generasi milenials ini sudah berada di jalan yang benar dan seharusnya diiringi kemajuan teknologi dan kecerdasan tanpa batas.


Published at :
Written By
Diska Rahmita Gasti, S.Sn, M.Ds
Faculty Member | BINUS Malang Institute of Creative Technology
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close