People Innovation Excellence
 

Desain Minimalis

“Less is more”. Pernahkah Anda mendengar ungkapan ini? Ungkapan ini keluar dari seorang arsitek Jerman yaitu Ludwig Mies van der Rohe. Ungkapan ini memiliki arti bahwa sesuatu yang sederhana tidak selalu buruk, kesederhanaan memiliki  nilai lebih, dimana fitur dalam desain tidak diperlukan dan minimalis adalah sebuah kewajiban. Dalam hal ini seorang desainer dituntut untuk lebih simple dan berani berimajinasi dengan batas-batas minimalis tertentu. Desain yang sederhana atau desain yang minimalis banyak diterapkan oleh para desainer. Saat ini desain minimalis menjadi alternatif pilihan oleh para desainer ditengah berbagai macam gaya desain yang ada. Desain minimalis dapat ditemui diberbagai karya visual misalnya ilustrasi, tipografi bahkan logo yang simpel dan minimalis.

  1. Warna

Penggunaan warna yang simpel dengan hanya menggunakan dua kombinasi warna menjadi strategi dalam menciptakan suatu desain minimalis. Warna hitam, putih atau abu-abu dipadukan dengan warna-warna yang cerah akan menghasilkan warna yang kontras yang harmoni.

Gambar 1. Penggunaan warna pada logo (Sumber: http://www.aep.com)

2. Layout

Dalam menghasilkan desain yang minimalis, desain layout sangat perlu diperhatikan karena terkait dengan konten. Desain layout minimalis merupakan tantangan bagi seorang desainer, bagaimana mengatur layout atau tata letak setiap elemen desain sehingga menghasilkan desain yang baik tanpa menganggu kenyamanan audience untuk menikmatinya.

Gambar 2. Desain minimalis layout majalah (Sumber: https://www.pinterest.co.uk/pin/493214596675378596/)

3. Tipografi

Dalam desain minimalis, penggunaan elemen tipografi pada suatu karya harus diperhatikan. Jangan menggunakan lebih dari dua font yang berbeda. Satu font untuk headline dan1 font lagi untuk subheadline / konten. Penggunaan font yang berlebihan akan sangat menggangu keterbacaan dari sebuah konten khususnya konten yang termuat dalam halaman website atau majalah.

Gambar 3. Aplikasi tipografi dalam karya desain (Sumber: https://www.pinterest.com.au/pin/177681147777561757/)

4. Logo

Salah satu prinsip logo yang utama adalah simple, unik dan memorable. Logo dengan bentuk yang sederhana akan memudahkan audience untuk mengenalinya. Sebagai contoh ketika Anda melihat bentuk 3 berlian maka dapat dikenali itu adalah logo mitsubishi.

Gambar 4. Penggunaan logo yang sederhana (Sumber: https://www.mitusbishi-motors.com)


Published at :
Written By
Yudhistya Ayu Kusumawati, S.Sn, M.Ds
Laboratory and Knowledge Center | BINUS Malang Institute of Creative Technology
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close