Oleh:

Gabriella. S. Putri, S.Sosio.,M.Med.Kom

 

Presentation skill merupakan salah satu bagian dari public speaking atau kemampuan berbicara di depan publik yang sangat dibutuhkan, terutama bagi mereka yang pekerjaannya selalu berhubungan dengan orang atau pihak dari luar perusahaan. Ada berbagai bentuk praktik presentasi yang biasa sering digunakan dalam dunia profesional sesuai dengan fungsi dan urgensi masing-masing sesuai dengan tujuannya. Adanya presentasi informatif yang tujuannya sebatas memberikan informasi kepada audience yang terkait suatu konten. Contohnya saat HR Manager mengumpulkan seluruh karyawan untuk mensosialisasikan tentang tunjangan kesejehteraan di perusahaan tersebut. Ada pula presentasi yang lebih bersifat persuasif yang berarti tujuannya lebih mempersuasi dan mengarahkan audience melalui konten yang disampaikan, seperti saat mempresentasikan proposal pengajuan kerja sama di depan klien atau saat mengikuti pitching untuk mendapatkan suatu project dari klien.  Bahkan saat kita presentasi di hadapan pimpinan atau manager sebagai kelayakan untuk mendapatkan promosi jabatan, tentu tujuannya juga untuk mempersuasi pimpinan.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar presentasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, baik dari segi style (performance) dan substance (konten dan materi). Dari segi style diperlukan penampilan yang menarik ketika menyampaikan presentasi, baik dari segi cara berdiri, posisi blocking, bahasa tubuh, tutur kata bahkan sampai pada pemilihan busana. Seorang presenter atau pemapar juga perlu mengetahui background dan karakteristik audience yang dihadapannya, sehingga  bahasa dan aksen yang digunakan sesuai dengan karakter audience. Sedangkan dari sisi konten yang perlu dipersiapkan tentu materi yang disusun dalam format power point, Prezi atau perangkat software lainnya. Konten yang ditampilkan juga perlu diperhatikan, tidak perlu terlalu banyak tulisan dan libatkan ilustrasi dalam bentuk gambar atau video agar audience tetap memperhatikan konten yang disajikan.

Dalam dunia public relations, kemampuan presentasi merupakan skill yang wajib dikuasai karena fungsi public relations dalam membangun dan maintaining hubungan dengan stakeholder menuntut seorang public relations memiliki kemampuan public speaking dan networking yang baik. Presentation skill merupakan syarat mutlak yang biasanya ditemui dalam requirement saat akan melamar pekerjaan di dunia public relations. Kemampuan presentasi seorang public relations haruslah memiliki style yang menarik, namun juga harus menguasai subtansi dan konten yang harus disampaikan.