People Innovation Excellence
 

Mengembangkan Perusahaan Menuju Perusahaan Ramah Lingkungan.

Mengembangkan Perusahaan Menuju Perusahaan Ramah Lingkungan.

Oleh : Hartanto D5344

Pada masa lampau, mungkin untuk menjadi atau merubah perusahaan menjadi ramah lingkungan memerlukan biaya yang mahal karena harus merubah cara mereka berbisnis. Namun dengan kemajuan teknologi dan dengan diberlakukannya undang-undang yang lebih ketat terkait lingkungan, menjadi perusahaan ramah lingkungan tidak hanya merupakan kewajiban namun juga menjadi lebih terjangkau dan mudah.

Beberapa cara termudah yang ada untuk membantu perusahaan menjadi ramah lingkungan dapat dilihat dalam beberapa contoh berikut:

  1. Membantu semua orang dalam lingkungan bisnis menyadari cara-cara melakukan tindakan ramah lingkungan baik dilingkungan kerja maupun tempat tinggal mereka. Mengingatkan agar mereka melakukan penghematan dalam penggunaan listrik berlebihan pada pendingin ruangan, lampu, alat memasak dll merupakan cara efektif membantu lingkungan perusahaan menjadi ramah lingkungan. Gunakan beberapa stiker pada tempat tertentu yang mudah terlihat untuk meremind para karyawan menghemat listrik akan sangat memudahkan.
  2. Menggunakan sumber energy alternative khususnya penggunaan PLTS (pembangkit listrik tenaga surya) merupakan cara lain dalam menghemat listrik sekaligus mengurangi penggunaan bahan bakar fosil pada pembangkit linstrik. Investasi awal yang mahal akan terbayar dengan usia pakai PLTS yang panjang serta terus naiknya tariff listrik setiap tahunnya.
  3. Hindari penggunaan plastik dalam lingkungan kerja. Hitunglah berapa banyak penggunaan botol air mineral dalam sebulan di perusahaan. Harga air mineral dalam kemasan yang mahal dan makin tinggi bisa dijadikan pemicu penggunaan gelas kaca yang dapat digunakan berulang sehingga sampah botol plastic berkurang.
  4. Kurangi penggunaan kertas dalam kegiatan kantor. Penggunaan perangkat komputer dan email yang telah berlaku beberapa tahun belakangan ini, sejatinya dapat mengurangi penggunaan kertas. Membaca dan menulis surat bisnis tidak lagi memerlukan kertas karena digantikan email sehingga penggunaan kertas dapat dikurangi dan menghemat penebangan pohon yang digunakan dalam pembuatan kertas.
  5. Inisiatif melakukan daur ulang sampah di perusahaan dapat pula dilakukan dalam tujuan menjadikan perusahaan lebih ramah lingkungan. Sediakanlah tempat sampah yang memiliki wadah terpisah untuk masing-masing produk sampah diperusahaan. Tempat sampah memiliki wadah terpisah untuk “Kertas”, “Plastik & Glass” dan “Food” sehingga memudahkan untuk didaur ulang.
  6. Lakukan penghijauan dengan menanam pohon dilingkungan sekitar tempat kerja dan tempat tinggal. Oksigen yang dihasilkan oleh tanaman merupakan salah satu hasil positif yang dapat dinikmati oleh seluruh unsur perusahaan yang melakukan aktifitas ramah lingkungan disamping suasana teduh dan tenang dengan penghijauan.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close