DARI MAIN KE MEMBAYAR: MEMAHAMI PENGARUH UI/UX DALAM GAME TERHADAP ADOPSI PEMBAYARAN ELEKTRONIK
DARI MAIN KE MEMBAYAR: MEMAHAMI PENGARUH UI/UX DALAM GAME TERHADAP ADOPSI PEMBAYARAN ELEKTRONIK
MAHASISWA
1.
ANGELINE
Accounting
2.
YI KIAN
Accounting
3.
RIZKY KURNIAWAN
Computer Science
DOSEN PEMBIMBING
ABSTRAK

DARI MAIN KE MEMBAYAR: MEMAHAMI PENGARUH UI/UX DALAM GAME TERHADAP ADOPSI PEMBAYARAN ELEKTRONIK

FROM PLAY TO PAY: UNDERSTANDING THE INFLUENCE OF GAMING UI/UX ON E-PAYMENT ADOPTION

 

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh User Interface (UI) dan User Experience (UX) terhadap penggunaan E-Payment dalam pembelian in-game dengan dimediasi oleh variabel keberlanjutan penggunaan game, niat pembelian dalam game, dan hedonisme serta utilitarianisme dalam pembelian in-game. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan pengujian terhadap data primer yang diperoleh dari kuesioner online. Data penelitian diolah menggunakan aplikasi SMARTPLS 3 dengan total sampel sejumlah 245 responden. Hasil uji penelitian memperlihatkan bahwa variabel UI dan UX berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan E-Payment dalam pembelian in game dengan dimediasi oleh variabel hedonisme. Variabel UX memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel niat keberlanjutan penggunaan game, niat melakukan pembelian in game, serta hedonisme dan utilitarianisme dalam pembelian in game. Sedangkan variabel UI hanya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel hedonisme dalam pembelian in game.

Kata kunci: Keberlanjutan, E-Payment (Pembayaran elektronik), Hedonisme dalam pembelian in-game, Pembelian in-game, User Experience (UX), User Interface (UI), Utilitarianisme dalam pembelian in-game.